Friday, April 15, 2016

OBSERVASI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN TERHADAP ANAK USIA 2-5 TAHUN



 Penulis : Rahmad Fitriyanto



Pembahasan.
Perubahan apakah yang kita temui bulan demi bulan , tahun-demi tahun ? apa yang bias kita lakukan untuk membentuk buah hati yang cerdas dan bahagia seberapa jauh setiap tahapan akan memengaruhi kta? Bisakah kita membawa perubahan kepada anank-anak kita? Itu semua adaalah pertanyaan umum yang biasa dilontarkan oleh pasangan istri yang baru menjadi orang tua, berkenaan  dengan pertumbuhan dan perkembangan buah hati mereka. Penemuan terbaru yang mengembirakan adalaah bahwa dad epk yang sangat besar dari gaya pengasuhan orang tua. Cara buah hati biasanya dianggap sebagai pemicu perkembangan. Bulan demi bula, bayi mulai berjalan, pintu terbuka, sibayi mulai menanganio kecakapn-kecapan barunya. Dengan mendapat pengasuhan, gizi, dan perawatan kesehatan dalalm jumlah yang cukup, bayi akan lebih mudah melebihi tahap perkembangannya, yang secara dominan dipenguri oleh jenis kelamin dan temperamen.

Penyataan sederhana ini sebagian benar, tapi ada yang lebih dari itu. Tiap anak dating ke dunia dengan potensinya masing-masing, bagaikan memiliki mangkuk kecakapan. Beberapa anak yang meiliki mangkuk yang lebih besar di bandingkan dengan lainnya seberapa baik si anak dapat memenuhi potensisnya tergantung pada pengasuhan dan kepekaan sipengasuh. 
Disni kami telah melakukan sebuah penelitian pada  anak yang berusia 2 tahun samapai 5 tahun
Pembahasan:
1)   Keterampilan utama.
a. Berjalan
b.Mengerti bhasa yang sederhana
c.mencari tahu sebelum bertindak, mengerti bahasa sehari-hari
2) Keterampilan motorik kasar
     a. berlari, mencoba untuk melarikan diri dari sipengasuh
     b. Melihat kebawah untuk menghindari rintangan.
     c. Meloncat-loncat ditempat dan mundur
     D. Menggayuh pedal sepeda pertamanya
     E menendang bola tanpa terjatuh.
     f. Meneiki tangga tanpa bantuan, kedua kaki pada tiap anak tangga bias saja meminta tolong untuk                          turun.
     g. Membuka pintu
3) Keterampilan tangan dan kemampuan membantu diri sendiri
     a. Membuka bungkusan
    b. melepas baju, memncuci tangan
    c. Meremas kertas
    d. Duduk dikursi tanpa bantuan
4) Keterampilan berbahasa dan social
    a. Biasanya berbicara sedikit, tetapi mengerti semuanya
    b. Dapat menyebutkan nama lengkapnya
    c. Bersenandung dan menyanyi
   d. Tingkah laku normal: marah, merengek, menggigit, menjerit
5) Keterampilan kognitif (berepikir)
    a. Mencari tahu segala sesuatu sebelum melakukannya.
    b. Menggabar lingkaran membuat gambar garis
    c. Mengerti dan mengingat dua macam perintah sekaligus” pergi ke dapur dan ambilkan kue kering untuk ayah”
6) Hala yang disukai bayi
     a. Menarik kereta-keretaan
     b. Membantu didalam rumah
     c. Menggunakan rak , meja, dan kursinya sendiri untuk bermain.
     d. Mengatur posisi prabotan
     e. Membaca buku, menggambar sambil membalik-balik halaman
 


No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

  اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِ...