Penulis : Rahmad
Fitriyanto
Pembahasan.
Perubahan apakah yang kita temui
bulan demi bulan , tahun-demi tahun ? apa yang bias kita lakukan untuk
membentuk buah hati yang cerdas dan bahagia seberapa jauh setiap tahapan akan
memengaruhi kta? Bisakah kita membawa perubahan kepada anank-anak kita? Itu
semua adaalah pertanyaan umum yang biasa dilontarkan oleh pasangan istri yang
baru menjadi orang tua, berkenaan dengan
pertumbuhan dan perkembangan buah hati mereka. Penemuan terbaru yang
mengembirakan adalaah bahwa dad epk yang sangat besar dari gaya pengasuhan
orang tua. Cara buah hati biasanya dianggap sebagai pemicu perkembangan. Bulan
demi bula, bayi mulai berjalan, pintu terbuka, sibayi mulai menanganio
kecakapn-kecapan barunya. Dengan mendapat pengasuhan, gizi, dan perawatan
kesehatan dalalm jumlah yang cukup, bayi akan lebih mudah melebihi tahap
perkembangannya, yang secara dominan dipenguri oleh jenis kelamin dan
temperamen.
Penyataan sederhana ini sebagian
benar, tapi ada yang lebih dari itu. Tiap anak dating ke dunia dengan potensinya
masing-masing, bagaikan memiliki mangkuk kecakapan. Beberapa anak yang meiliki
mangkuk yang lebih besar di bandingkan dengan lainnya seberapa baik si anak
dapat memenuhi potensisnya tergantung pada pengasuhan dan kepekaan sipengasuh.
Disni kami telah melakukan sebuah
penelitian pada anak yang berusia 2
tahun samapai 5 tahun
Pembahasan:
1)
Keterampilan
utama.
a.
Berjalan
b.Mengerti
bhasa yang sederhana
c.mencari
tahu sebelum bertindak, mengerti bahasa sehari-hari
2) Keterampilan motorik kasar
a. berlari, mencoba untuk melarikan diri
dari sipengasuh
b. Melihat kebawah untuk menghindari
rintangan.
c. Meloncat-loncat ditempat dan mundur
D. Menggayuh pedal sepeda pertamanya
E menendang bola tanpa terjatuh.
f. Meneiki tangga tanpa bantuan, kedua
kaki pada tiap anak tangga bias saja meminta tolong untuk turun.
g. Membuka pintu
3)
Keterampilan tangan dan kemampuan membantu diri sendiri
a. Membuka bungkusan
b. melepas baju, memncuci tangan
c. Meremas kertas
d. Duduk dikursi tanpa bantuan
4)
Keterampilan berbahasa dan social
a. Biasanya berbicara sedikit, tetapi
mengerti semuanya
b. Dapat menyebutkan nama lengkapnya
c. Bersenandung dan menyanyi
d. Tingkah laku normal: marah, merengek,
menggigit, menjerit
5)
Keterampilan kognitif (berepikir)
a. Mencari tahu segala sesuatu sebelum
melakukannya.
b. Menggabar lingkaran membuat gambar garis
c. Mengerti dan mengingat dua macam
perintah sekaligus” pergi ke dapur dan ambilkan kue kering untuk ayah”
6)
Hala yang disukai bayi
a. Menarik kereta-keretaan
b. Membantu didalam rumah
c. Menggunakan rak , meja, dan kursinya
sendiri untuk bermain.
d. Mengatur posisi prabotan
e. Membaca buku, menggambar sambil
membalik-balik halaman
No comments:
Post a Comment