Monday, April 18, 2016

INSPIRASI AL-QUR’AN



Oleh : RAHMAD FITRIYANTO
              
Ÿ
Atinya :“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya Aku akan mengerjakan Ini besok pagi,Kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah"dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan Katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini"

Saya megambil artikel ini dalam pembahasan yang mudah tetapi maknaya banyak setiap orang yang lupa bahwa dalam segala hal kegiatan maupun aktifitas haruslah dengan niat yang benar dan mengikuti apa yang di ajarkan dalam Al-qur’an dan Hadits Rosulullah. Dalam ayat ini menjelaskan bahwa kita dalam setiap berjanji janganlah langsung mengatakan iya tetapi haruslah mengucapkan InsyaAllah.oleh karena itu ayat ini menjelaskan  kepada kita agar selalu ingat kepada Allah dalam segala aktifitas kita semua sehingga dapat mengamalkan apa yang telah di ajarkan dalam Al-qur’an.
Ayat tersebut menjelaskan betapa pentingnya janji karena janji merupakan salah satu muamalah antara manusia yang seharusnya ditepati sehingga dalam bermuamalah setiap insan mampu menepati janjinya.disini dijelaskan bahwa aktifitas kita tak luput dari janji sehingga seseorang yang meberi janji seharusnya memnepati janjinya karena merupakan amanah ataupun keharusan yang harus ditepai.
Ayat ini sangatlah penting bagi kita semua karena akan memberikan petunjuk yang seharusnya kita lakukan, jikalau ketika Ahmad ada janji akan bertemu dengan sahabat karib pada tanggal 5 tetapi iya langsung mengiyakan untuk bertemu bukan mengucapkan insyaAllah dan ketika hari yang  telah ditentukan Ahmad sakit sehingga sahabat karibnya beranggapan bahwa ahmad telah mendustainya. Disinilah pentingnya mengucapkan InsayAllah sehingga dalam setiap kita melakukan sesuatu dalam hal aktifitas apapun kita akan di berikan petunjuk dari Allah agar selalu ingat kepadanya.
Rosullah pun juga demikian dalam kisah beliu ditanya oleh kaum qurais akan kisah alkahfi maka ia megiakan akan menceritakannya esok hari maka Allah langsung mengingtkan Rosullah agar mengucapkan Insya Allah sehinga ketika ia ingin berjanji agar selalu ingat kepada Allah.Disinilah bedanya Rosullullah dengan kita ketika kita lalai ataupun lupa dalam melaksanakan sesuatu kita tidak ada yang mengingtakan kita tetapi Rosulullah Allahlah yang akan mengingatkan beliau.
Dan di ayat ini juga di jelaskan jikalau kita dalam berjanji lupa maka ucapkanlah   

“ Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini"
Sehingga ketika kita lupa dalam menepati janji  kita memohon agar Allah memberikan petunjuk kepada kita sehingga kita tidak lupa dalam hal janji dan akan selalu ingat dengan janji kita walupun kita sibuk ataupun dalam keadaan tidak ingat dengan janji tersebut.
                Di ayat ini dapat kita simpulkan bahwa dalam segala hal seharusnya kita dapat melaksanakan dan apa yang seharusnya dilakukan haruslah dengan petunjuk dari Allah SWT sehingga ketika kita lupa atupun lalai maka akan diingatkan oleh Allah.
Al-Qur’an adalah pedoman setiap muslim yamg patut kita hayati dan amalkan isi kandungan yang ada dalam Al-qur’an sehingga kita selamat di dunia maupun di ahirat kelak karena dengan petunjuk yang di berikan Allah melalui  Al-qu’an kita dapat mengambil ibroh dari setiap kejadian maupun manfaat yang dapat kita petik dari segala hal apapun.

No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

  اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِ...