Saturday, April 16, 2016

MEMAHAMI KETERKAITAN ISI KANDUNGAN QS.AZ-ZALALAH DAN ALQORIAH TENTANG HUKUM FENOMENA ALAM.




Oleh : Rahmad Fitriyanto



1.       Surat az zalzalah
Tema utama surat ini dalah tetntang hari kiamat dan apa yang akan di alami manusia ketika itu, di m mana akan terbuka segala persoalan dan menjadi nyata apa yang tersembunyi. Demikian kesimpulan banyak ulama termasuk al-Baqa’i.
Ayat 1 : menjelaskan ketika bumi di goncangkan dengan goncangan yang dasyat,  yaitu ketika terjdinya hari kiamat maka akan terjadi kegoncangan dan benturan-benturan anatara planet-planet yang ada di alam semesta ini.
 Ayat 2 : Menjelaskan dan bumi mengeluarkan beban beban yang berat baik itu manusia yang mati atau barang tambang yang di pendam .
Ayat 3  : Menjelaskan ketika manuasia bertanya : kenapa bumi menjadi begini ? yaitu kenapa
bumi bergoncang secara dasyat dan mengeluarkan isi perutnya.
Ayat 4  : maka pada hari itu bumi menceritakan beritanya
Ayat 5  : Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikan itu )padanya,yakni bangkit secara cepat dari kuburan dan menuju Tuhan untuk dilakukan perhitungan di padanag masyar .
Ayat 6  : Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam. Supaya di perlihatkan kepad mereka balasan pekerjaan mereka. Yaitu deperlihatkannya kepada merewka masing-masing catatan  amal mereka.
Ayat 7  : Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarahpun niscahanya ia akan melihat balasannya yaitu disanalah merka masing-masing menyadari semua di perlakukan secara adil.
Ayat 8  :   dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebeart zarahpun maka ia akan melihat balasnnya pula.
2.       Surat al- Qoriah
Suarat ini menjelaskan ketika kejadian pada hari kiamat yaitu mengambarkan pada hari kiamat manusia bagaikan kupu-kupu yang bertebaran,dan gunung-gunung seperti bulu yang di hamburkan ,dan memberikan balasan kepada orang yang berat timbangan kebaikan maka ia akan mendapat kehidupan yang memuaskan (surga) dan barang siapa yang ringan timbangan (kebaiakan ) maka ia akan di letakan di neraka Hawiah yaitu neraka yang apinya sanagat panas.

Jadi di dua surat ini menjelaskan ketika terjadinya hari kiamat dan apa yang di dapatkan bagi yang mengerjakan amal kebaikan dan amal keburukan ia akan mendapatkan ganjaran yang seadil-adilnya.

No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

  اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِ...