Saturday, April 16, 2016

CARA KERJA ILMU ALAM




Oleh : Rahmad Fitriyanto



1.       Vitalisme
                Vitalitisme menyatakan suatu doktrin  bahwa ada kekuatan di luar alam,kekuatan ini mempunyai peranan yang esensial dalam mengatur apa yang terjadi di alam semesta ini.kekuatan tersebut  di antaranya, Tuhan yang Maha Kuasa yang membimbing segala yang ada di alam semesta ini baik planet, mahluk yang ada di bumi ataupun segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.Sebagian besar filsfat dalam agama juga termasuk dalam filsafat fitalisme.
2.       Mekanisme
Mekanisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa berbagai penyebab yang mengatur semua gerakan di Alam semsta ini adalah sejumlah hukum alam.Ini dapat di lihat dari hasil pengindraan kita dalam meliahat semua peristiwa atau gejala di alam semesta ini merupakan hukum alam, misalnya hukum fisika, hukum kimiawi.Dengan pandangan dasar hukum alam pandangan
mekanisme dapat di teliti melalui metode ilmiah. Sehingga pandangan ini menaganggap bahwa gejala pada mahluk hidup secara otomatis terjadi hanya dasr peristiwa fisika,kimia belaka.mekanisme gambarannya  tidak sederhana semislakan seperti jam bila pernya di putar maka ia akan berputar (jam lama) tetapi  pandangan ini lebih luas lagi seperti komputer bisa menyimpan data,mengolah data yang di tunjukan oleh layar minitor.
Pandangan mekakanisme ini menyamakan gejala pada mahluk hidup dengan gejala mahluk tidak hidup sehingga perbedaan tidak ada,sehingga dapat membuat manusia memilki pandangan ke materialisme ataupun menjadi ateisme yang menganggap bahwa Tuhan iotu tidak ada.
3.       Agnotisme
Agnotisme adalah penengah antara aliran Vitalisme yang menganggap ada kekuatan Tuhan di alam semesta ini dan aliran Mekanisme yang menyamakan   antara gejala pada mahluk hidup dengan mahluk tidak hidup  sehingga mengarahkan para pemahamnya menjadi ateisme,sehingga aliran agnotisme melepaskan diri atau tidak memperdulikan ada atau tidak adanya Sang Pencipta.Aliran ini hanya mempelajari gejala-gejala alam saja dan kebanyakan aliran ini di anut oleh apra ilmuan barat.
LAHIRNYA ILMU ALAM
                Lahirnya ilmu alam yaitu kerena kita mengetahui bahwa manusia sebagai mahluk hidup, yang  mempunyai panca indera sehingga dapat memberikan tanggapan terhadap semua rangsanagn yang ada termasuk juga dengan gejala alam semesta ini sehingga menjadi ingin tahu maka ada penelitian-penelitian gejala alam.
Tanggapan terhadap gejala alam ataupun peristiwa yang terjadi di alam ii memberikan pengalaman yang menjadikan manusia ingin tahu atu kuriositas tehadap segalanya yang da di alam semsta ini.Pengalaman merupakan salah satu bentuk pengetahuan, yakni kumpulan fakta –fakata yang terjadi dan pengalaman ini akan bertambah terus selama manusia mewariskan ilmu pengetahuan kepada generasi selanjutnya.Menurut Maskuri Jasin dalam buku ilmu alamiah dasar  bertambahnya  pengetahuan (knowledge)di dorong oleh (1)Dorongan untuk memuaskan diri,yang bersifat non praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami  tentang hakikat alam semesta dan isinya, (2)Dorongan praktis ,yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk menigkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. Kedua dorongan tersebut menjadikan ilmu pengetahuan menjadi maju, dorongan pertama menuju ke Ilmu pengetahuan Murni (pure Science) dan dorongan kedua menuju ilmu Pengetahuan terapan (Appliet Science).
  
Buku : ILMU ALAMIAH DASAR , Drs.MASKOERI JASIN,PT.RAJA GRAFINDO PERSADA,JAKARTA.

No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

  اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِ...