Fase
D Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Al-Qur’an dan Hadis |
Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis
Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga
memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak
terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan
pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga
memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. |
Akidah |
Peserta didik mendalami enam rukun Iman. |
Akhlak |
Peserta
didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri
sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia
terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta didik juga memahami
definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis- Hadis Nabi. Peserta didik
juga mulai mengenal |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
dimensi keindahan dan
seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya. |
Fikih |
Peserta
didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat,
memahami konsep muʿāmalah, riba, rukhsah, serta mengenal
beberapa mazhab fikih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban. |
Sejarah Peradaban Islam |
Peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak
mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani,
Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya
Islam ke Indonesia. |
1.
Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA/MA/Program Paket
C)
Pada akhir Fase E, dalam elemen Al-Qur’an dan Hadis, peserta didik mampu menganalisis
ayat
Al-Qur’an
dan Hadis
tentang
perintah untuk
berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan
zina; dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an serta Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan
etos kerja serta bahaya dari
pergaulan bebas dan zina; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah
untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas
dan zina; meyakini bahwa sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta
menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina adalah perintah agama; dan
membiasakan sikap kompetitif dalam kebaikan
dan etos kerja serta menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan
lebih berhati-hati dan menjaga kehormatan diri.
Dalam elemen akidah, peserta didik menganalisis makna syu‘ab al- īmān (cabang-cabang iman), pengertian, dalil, macam dan manfaatnya; mempresentasikan makna syu‘ab al-īmān (cabang- cabang
iman), pengertian, dalil, macam dan manfaatnya; meyakini bahwa dalam iman
terdapat banyak cabang-cabangnya; serta menerapkan
beberapa sikap dan karakter sebagai cerminan cabang iman dalam kehidupan.
Dari elemen
akhlak, peserta didik menganalisis manfaat menghindari akhlak mażmūmah; membuat karya yang mengandung
konten manfaat menghindari sikap mażmūmah;
meyakini bahwa akhlak mażmūmah adalah
larangan dan akhlak mahmūdah adalah perintah agama; serta membiasakan diri
untuk menghindari akhlak
mażmūmah dan menampilkan akhlak mahmūdah dalam kehidupan
sehari-hari.
Dalam
elemen fikih, peserta didik mampu menganalisis implementasi fikih mu‘āmalah
dan al-kulliyyāt al-khamsah (lima
prinsip dasar hukum Islam; menyajikan paparan tentang fikih mu‘āmalah
dan al-kulliyyāt al-khamsah meyakini
bahwa ketentuan fikih mu‘āmalah dan al-kulliyyāt al-khamsah adalah ajaran agama; serta menumbuhkan jiwa
kewirausahaan, kepedulian, dan kepekaan sosial.
Dalam
elemen sejarah peradaban Islam, peserta didik mampu menganalisis sejarah dan
peran tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia; dapat membuat bagan timeline sejarah tokoh ulama penyebar
ajaran Islam di Indonesia dan memaparkannya; meyakini bahwa perkembangan
peradaban di Indonesia adalah sunatullah dan metode dakwah yang santun,
moderat, bi al-ḥikmah wa al- mau‘iẓat al-ḥasanah adalah perintah
Allah Swt.; membiasakan sikap kesederhanaan
dan kesungguhan mencari ilmu, tekun, damai, serta semangat menghargai adat
istiadat dan perbedaan keyakinan orang lain.
Fase
E Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Al-Qur’an dan Hadis |
Peserta didik mampu menganalisis ayat Al- Qur’an dan hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta
larangan pergaulan bebas dan zina; dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an serta Hadis
tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta
bahaya dari pergaulan bebas dan
zina; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi
dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan zina;
meyakini bahwa sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta
menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina adalah perintah agama;
dan membiasakan
sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta menghindari pergaulan
bebas dan perbuatan zina dengan lebih berhati-hati dan menjaga kehormatan diri. |
Akidah |
Peserta didik menganalisis makna syu‘ab al- īmān (cabang-cabang iman),
pengertian, dalil, macam
dan manfaatnya; mempresentasikan makna syu‘ab al-īmān (cabang-cabang iman), |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
pengertian, dalil, macam dan manfaatnya; meyakini bahwa
dalam iman terdapat banyak cabang-cabangnya; serta menerapkan beberapa sikap
dan karakter sebagai cerminan cabang iman dalam kehidupan. |
Akhlak |
Peserta
didik menganalisis manfaat menghindari akhlak
mażmūmah; membuat karya yang mengandung konten manfaat menghindari sikap mażmūmah; meyakini bahwa akhlak mażmūmah adalah larangan dan akhlak maḥmūdah
adalah perintah agama; serta membiasakan diri untuk menghindari
akhlak mażmūmah dan menampilkan
akhlak maḥmūdah dalam kehidupan sehari-hari. |
Fikih |
Peserta
didik mampu menganalisis implementasi fikih mu‘āmalah
dan al-kulliyyāt al-khamsah (lima prinsip
dasar hukum Islam; menyajikan paparan tentang fikih mu‘āmalah dan al-kulliyyāt al-khamsah meyakini bahwa
ketentuan fikih mu‘āmalah
dan al-kulliyyāt al- khamsah adalah ajaran agama; serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kepedulian, dan kepekaan sosial. |
Sejarah Peradaban Islam |
Peserta
didik mampu menganalisis sejarah dan peran tokoh ulama penyebar ajaran Islam
di Indonesia; dapat membuat bagan timeline
sejarah tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia dan memaparkannya;
meyakini bahwa perkembangan peradaban di Indonesia adalah sunatullah dan
metode dakwah yang santun, moderat, bi al-ḥikmah wa al-mau‘iẓat al-
ḥasanah adalah perintah Allah Swt.; membiasakan sikap
kesederhanaan dan kesungguhan mencari ilmu, tekun, damai, serta semangat menghargai adat istiadat dan perbedaan keyakinan
orang lain. |
No comments:
Post a Comment