Sekolah Mata pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok/Tema Alokasi Waktu |
: : : : : |
SMP Muhammadiyah Yogyakarta Bahasa Arab VII (tujuh) / I 1. Huruf Hijaiyah 3 Jam Pelajaran (3 pertemuan) |
Huruf Hijaiyah
lafadz
Indonesia |
Huruf Arab |
No |
lafadz
Indonesia |
Huruf Arab |
No |
Dhad |
ض |
15 |
Alif |
ا |
1 |
Tha’ |
ط |
16 |
Ba’ |
ب |
2 |
Zha’ |
ظ |
17 |
Ta’ |
ت |
3 |
’ain |
ع |
18 |
Tsa’ |
ث |
4 |
Ghain |
غ |
19 |
Jim |
ج |
5 |
Fa’ |
ف |
20 |
Ha’ |
ح |
6 |
Qaf |
ق |
21 |
Kha’ |
خ |
7 |
Kaf |
ك |
22 |
Dal |
د |
8 |
Lam |
ل |
23 |
dzal |
ذ |
9 |
Mim |
م |
24 |
Ra’ |
ر |
10 |
Nun |
ن |
25 |
Zain |
ز |
11 |
Wau |
و |
26 |
Sin |
س |
12 |
Ha’ |
ه |
27 |
Syin |
ش |
13 |
Hamzah |
ء |
28 |
shad |
ص |
14 |
Ya’ |
ى |
|
|
|
|
11.
Sarana dan Prasarana |
: |
a. alat dan bahan: laptop, LCD projector, speaker active, laptop, handphone, kamera, kertas karton,
spidol warna, atau media lain b. Kamus Bahasa Arab dan Terjemahnya c.
Kondisi kelas
yang kondusif |
12.
Sumber Belajar |
: |
a.
Sumber
belajar: 1) Kamus Bahasa Arab 2) Buku pendidikan
Al-Bahasa Arabkelas VII Majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah, 2017. 3) Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti, MP/MTs kelas VII, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2019. |
Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama: ( 2 JP)
·
Pembagian
kelompok kerja, yang terdiri dari 4-5 orang
Kegiatan Pengamatan bacaan Teman
·
Peserta
didik melakukan pengamatan tentang huruf hijaiyah
·
Peserta
didik menanyakan atau mencari tahu (mendiskusikan) tentang huruf hijaiyah
·
Peserta
didik mencatat hasil pengamatannya tentang huruf hijaiyah
·
Peserta
didik membandingkan hasil pengamatan dari dua orang pengamat untuk obyek
(orang) yang sama. Adakah perbedaan dalam membaca huruf hijaiyah
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
·
Guru
bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi
untuk mengevaluasi: seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil
yang diperoleh dari kegiatan Pengamatan
huruf hijaiyah
- Pertemuan Kedua : ( 2 JP)
·
Dalam
kelompoknya, Peserta didik mencermati Huruf hijaiyah
·
Pembagian
kelompok kerja, yang terdiri dari 4-5 orang
Kegiatan Huruf
hijaiyah
·
Peserta
didik berdiskusi untuk mengidentifikasi Huruf
hijaiyah
·
Melalui
studi pustaka, Peserta didik mengumpulkan data untuk menjawab Huruf
hijaiyah
·
Berdasarkan
data yang diperoleh, dalam kelompok
kecil Peserta didik berdiskusi tentang pengertian Huruf
hijaiyah
·
Hasil
diskusi kelompok kecil disajikan oleh beberapa kelompok dalam diskusi kelas
untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain dan guru.
·
Dalam
diskusi kelas, guru memandu dalam membuat kesimpulan tentang Huruf
hijaiyah
·
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan
kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan data dan mengolah data
yang diperoleh Peserta didik,.
- Pertemuan Ketiga: (2JP)
·
Pembagian
kelompok kerja, yang terdiri dari 4-5 orang
Kegiatan Pengamatan Teman
·
Peserta
didik melakukan pengamatan tentang Huruf hijaiyah tentang huruf hijaiyah
·
Peserta
didik menanyakan atau mencari tahu (mendiskusikan) tentang Huruf hijaiyah tentang huruf hijaiyah
·
Peserta
didik mencatat hasil pengamatannya tentang Huruf hijaiyah berdasarkan posisi/
letaknya
·
Peserta
didik Membandingkan hasil pengamatan dari dua orang pengamat untuk obyek
(orang) yang sama. Adakah perbedaan dalam membaca Huruf hijaiyah berdasarkan posisi/ letaknya
·
Peserta
didik Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait Huruf
hijaiyah tentang huruf hijaiyah berdasarkan
posisi/ letaknya
Guru bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
Guru memberitahukan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang penjelasan Huruf hijaiyah
13.
Asesmen
1. Asesmen Diagnostik
No |
Pernyataan |
Ya/ Tidak |
1 |
Apakah kalian sudah
mampu membaca huruf hijaiyah dengan baik? |
|
2 |
Apakah kalian sudah
mampu menulis huruf hijaiyah sesuai tanda bacanya? |
|
3 |
Apakah kalian sudah
mampu menulis huruf hijaiyah sesuai posisinya? |
|
4 |
Apakah kalian sudah
mampu menyusun huruf bahasa Arab menjadi sambung? |
|
2. Asesmen Formatif (tes lisan)
a. Kelancaran bacaan huruf
hijaiyah.
Nama
Siswa |
Kemampuan Membaca |
Sangat Lancar |
Lancar |
Sedang |
Kurang
Lancar |
Tidak
Lancar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Hafalan huruf
hiyaiyah pada saat pembelajaran (tes
lisan)
Nama
Siswa |
Lancar |
Kurang
Lancar |
Tidak
Lancar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14. Lembar
Kegiatan
Lembar Kerja 1
1.
Secara berkelompok terjemahkan
kosa kata / cara
baca latin huruf hijaiyah di bawah ini !
2.
Jawaban ditulis di buku tulis masing-masing!
lafadz
Indonesia |
Huruf Arab |
No |
lafadz
Indonesia |
Huruf Arab |
No |
|
ض |
15 |
|
ا |
1 |
|
ط |
16 |
|
ب |
2 |
|
ظ |
17 |
|
ت |
3 |
|
ع |
18 |
|
ث |
4 |
|
غ |
19 |
|
ج |
5 |
|
ف |
20 |
|
ح |
6 |
|
ق |
21 |
|
خ |
7 |
|
ك |
22 |
|
د |
8 |
|
ل |
23 |
|
ذ |
9 |
|
م |
24 |
|
ر |
10 |
|
ن |
25 |
|
ز |
11 |
|
و |
26 |
|
س |
12 |
|
ه |
27 |
|
ش |
13 |
|
ء |
28 |
|
ص |
14 |
|
ى |
|
|
|
|
Lembar Kerja 2
1.
Secara berkelompok tulislah ke bahasa Arab kalimat
latin di bawah
ini !
2.
Jawaban ditulis di buku tulis
masing-masing!
No |
Latin |
Arab |
1 |
Madrosatun |
|
2 |
Ma’malun |
|
3 |
Nuurun |
|
4 |
Wisadaatun |
|
5 |
Qirthosun |
|
15. Refleksi Sikap
No |
Karakter Pancasila yang Diharapkan |
Mampu |
Belum Mampu |
1 |
Terbiasa menjalankan perintah agama sebagai
penerapan dari ilmu. |
|
|
2 |
Mandiri dan senantiasa menggali potensi
diri. |
|
|
3 |
Berpikir kritis dan senantiasa ingin
mencari tahu. |
|
|
4 |
Terbiasa memberi kemudahan/kelapangan bagi
orang lain. |
|
|
5 |
Terbiasa bekerjasama dan bergotong royong
dengan orang lain. |
|
|
6 |
Menghormati perbedaan pendapat satu sama
lain. |
|
|
7 |
Hormat dan patuh pada guru. |
|
|
8 |
Tawakal atas semua hasil yang diperoleh. |
|
|
16. Buku Referensi |
||
1.
Bacaan guru dan
Peserta didik |
: |
1. Kamus Bahasa Arab 2. Buku pendidikan Al-Bahasa
Arabkelas VII majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah. 3. Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti, MP/MTs kelas VII, Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan RI 2016. |
No comments:
Post a Comment