CAPAIAN
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FASE
A UNTUK KELAS 1
Pada akhir Fase A, pada elemen Al-Qur’an-Hadis peserta didik dapat mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik. Dalam elemen akidah, peserta didik mengenal rukun iman, iman kepada Allah melalui nama-namanya yang agung (asmaulhusna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya. Pada elemen akhlak, peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesame manusia, terutama orang tua dan guru. Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam.
Mereka
mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga
terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai
pendapat yang berbeda. Peserta didik juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok
serta memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi
terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain. Dalam elemen fikih,
peserta didik dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan
tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat.
Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan secara
sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani.
Fase
A Berdasarkan Elemen
ELEMEN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN (CP) |
Al-Qur’an dan Hadis |
·
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti menekankan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan
harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan kemampuan membaca surah surah
pendek Al-Qur’an dengan baik. |
Akidah |
·
Peserta
didik mengenal rukun iman kepada Allah melalui nama-namanya yang agung
(asmaulhusna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya. |
Akhlak |
·
Peserta
didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari
dalam maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru. ·
Peserta
didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam.
Mereka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya. Peserta didik
juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar
menghargai pendapat yang berbeda. ·
Peserta
didik juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok serta memahami pentingnya
mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi terwujudnya suasana
saling mendukung satu sama lain. |
Fikih |
·
Peserta
didik mampu mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata
cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat. |
Sejarah Peradaban Islam |
·
Peserta
didik mampu menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib
diimani. |
No comments:
Post a Comment