CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI
FASE B UNTUK KELAS 4
Pada akhir Fase B, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik. Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada elemen akidah peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani. Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapan-ungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.
Peserta didik
memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh).
Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan
yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami
pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan. Pada
elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat
sunah dengan baik, memahami konsep baligh dan tanggung jawab yang menyertainya
(taklīf). Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu
menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad
SAW. hingga diutus menjadi Rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah
Fase B Berdasarkan Elemen
ELEMEN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN (CP) |
Al-Qur’an dan
Hadis |
·
Peserta didik mampu membaca
surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan
baik. ·
Peserta didik mengenal hadis
tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu
menerapkan dalam kehidupan sehari hari. |
Akidah |
·
Peserta didik memahami
sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah,
para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani. |
Akhlak |
·
Pada elemen akhlak, peserta
didik menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan
ungkapanungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian. ·
Peserta didik memahami arti
keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah SWT. (sunnatullāh). ·
Peserta didik mengenal norma
yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya
diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk
mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan. |
Fikih |
·
Pada elemen fikih, peserta
didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik,
memahami konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf). |
Sejarah
Peradaban Islam |
·
Dalam pemahamannya tentang
sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa
kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah,
hijrah dan membangun Kota Madinah. |
No comments:
Post a Comment