Tuesday, August 5, 2025

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 5

 

 

 

 

 

 


MODUL AJAR

Kurikulum Merdeka

 

 

BAHASA INDONESIA

 

 

Fase C - Kelas V

 

 

Disusun Oleh:

 Fitri Afrika Sari, S.Pd

 

 

YOGYAKARTA

TAHUN 2023/2024
MODUL AJAR BAHASA INDONESIA

 

       I.            INFORMASI UMUM

 

A.    IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun               : Fitri Afrika Sari, S.Pd

Nama Sekolah                  : SD Muhammadiyah Danunegaran

Tahun Penyusunan           : 2023

Modul Ajar                      : Bahasa Indonesia

Fase/Kelas                        : C/V

Alokasi Waktu                 : 1 kali pertemuan (2 x 35 menit)

 

B.     KOMPETENSI AWAL

1.      Peserta didik dapat menyebutkan berberapa kata dasar yang belum mendapat imbuhan.

2.      Peserta didik dapat menggunakan kata kerja dasar dan berimbuhan –lah, -kan dalam penulisan teks prosedur.

 

C.    PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila tentang:

1.      Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.

2.      Mandiri dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.

3.      Kreatif dengan cara melatih peserta didik membuat kalimat dengan menggunakan kata berimbuhan me- dan akhiran -kan

 

D.    SARANA DAN PRASARANA/ALAT DAN BAHAN

1.      Ruang Kelas

2.      LCD Projector

3.      Laptop

4.      Jaringan Internet/Wifi

5.      Buku pendamping

6.      Media Pembelajaran menggunakan Canva

 

E.     Model Pembelajaran

1.      Problem Based Learning

2.      Kooperative learning

 

F.     Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui kosakata baru, peserta didik mampu mengenali dan mengucapkan kata-kata baru yang digunakan dalam teks “Minat dan Bakat Eben”.

2.      Melalui kegiatan presentasi/bercerita, peserta didik dapat berbagi dengan menceritakan tentang hobinya ke peserta didik lain.

3.      Melalui kegiatan bahas bahasa, peserta didik mampu mengenal jenis imbuhan, yakni imbuhan berawalan me- dan akhiran -kan dan -lah.

4.      Melalui kegiatan bahas bahasa, peserta didik mampu menganalisis maupun mengaplikasikan jenis imbuhan, yakni imbuhan berawalan me- dan akhiran -kan dan -lah.

 

Capaian Pembelajaran:

1.      Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta, prosedur dengan mengidentifikasikan ciri objek dan urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks informatif dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audio.

2.      Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi dan eksposisi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan pantun, puisi) dari teks dan/atau audiovisual.

3.      Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan; pilihan kata yang tepat sesuai dengan norma budaya; menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, kreatif, dan kritis; mempresen-tasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Menulis

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki   makna   denotatif, konotatif, dan kiasan.

Peserta didik menyampai-kan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa-kata secara kreatif.

 

G.    Pemahaman Bermakna

1.      Setelah mempelajari “Minat dan Bakat Eben”., peserta didik mampu menerapkan kemampuannya untuk bercerita tentang hobi yang dimiliki peserta didik dan menulis imbuhan me- dan akhiran -kan

 

H.    Pertanyaan Pemantik

1.      Apakah kalian memiliki hobi? Coba ceritakan hobi kalian!

2.      Apakah kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata awalan imbuhan me-?

3.      Apakah kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata akhiran imbuhan –kan?

 

I.       Persiapan Pembelajaran

1.      Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media Ajar, Buku cerita anak, membuat media ajar Canva, membuat LKPD dsb.

2.      Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan buku teks, alat dan bahan yang dibutuhkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

J.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.

2.      Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.

3.      Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.

4.      Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.

5.      Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.

6.      Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik

7.      Peserta didik melakukan ice breaking sebelum inti pembelajaran “https://www.youtube.com/watch?v=5gckoJP9HZ4”

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Inti

Tahap 1 : orientasi terhadap masalah

1.      Peserta didik membaca teks bacaan yang berjudul “Minat dan Bakat Eben”. Pada buku pendamping.

2.      Peserta didik mengidentifikasi kosa kata baru yang terdapat dalam teks bacaan

3.      Peserta menjawab pertanyaan guru mengenai hobi yang mereka dimiliki

Tahap 2 : organisasi belajar

 

4.      Salah satu peserta didik diminta untuk menceritakan tentang hobi yang mereka senangi

5.      Peserta didik bermain permainan tebak-tebakan mengenai hobi masing masing peserta didik sebagai kegiatan pembuka. Permainan ini memiliki dua peran, yakni sebagai pemberi petunjuk dan penebak. Seorang peserta didik akan memberikan petunjuknya melalui gerakan tubuh tanpa bersuara di depan kelas. Peserta didik yang lainnya akan menebak hobi apa yang sesuai gerakan tubuh tanpa suara tersebut.

 

Mengamati

Siswa diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik yang disajikan menggunakan media presentasi

6.        Peserta didik memperhatikan keterangan yang disampaikan oleh guru

7.        Peserta didik mengidentifikasi penggunaan imbuhan me-, men-, meny-

8.        Peserta didik juga menyimak penjelasan guru tentang contoh membentuk kata dengan imbuhan me- dan akhiran -kan

Menanya (4C: Critical thinking)

9.      Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin kata yang dapat dibentuk dengan menggunakan imbuhan me

10.       Mengajukan pertanyaan tentang bagaimana pembentukan kalimat mengunakan kosa kata baru

Tahap 3 : penyelidikan individual maupun kelompok

1.      Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok

2.      Guru membagikan LKPD secara berkelompok

3.      Guru menyampaikan tugas LKPD pada peserta didik yang inklusi dengan bantuan GPK

4.      Peserta didik mengerjakan tugas kelompok LKPD pembentukan kalimat dengan menggunakan kosakata baru dan penggunaan imbuhan me- dan akhiran -kan

5.      Guru berkeliling kelas dan memberikan pendampingan pada kelompok yang masih membutuhkan bimbingan yang lebih intensif

Tahap 4 : pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah

6.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok secara bergantian

7.      Kelompok yang lain mengajukan pertanyaan dan memberikan saran atau masukan kepada kelompok yang presentasi

Fase 5 : analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah

 

8.      Guru memberi tanggapan terhadap hasil presentasi peserta didik

9.      Dan Guru juga memberi saran dan apresiasi atas kerja sama peserta didik

 

 

45 menit

Penutup

1.      Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

2.      peserta didik bersama guru melakukan refleksi.

-          Materi apa saja yang telah dimengerti?

-          Materi apa saja yang belum dimengerti?  

3.      Guru mengajak peserta didik menyanyi lagu daerah “Sajojo”

4.      Kegiatan diakhiri dengan doa bersama.

10 menit

 

 

 

 

 

 

F.     Asesmen

No

Jenis Asesmen

Bentuk Asesmen

1.       

Diagnostik

·         Pertanyaan pemantik tersebut di atas.

·         Tanya jawab sebagai tindak lanjut.

2.       

Formatif

Latihan, Ulangan Harian

3.       

Sumatif

Penilaian kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

 

G.    Kegiatan Remedial dan Pengayaan

1.      Kegiatan remedial:

Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

2.      Kegiatan pengayaan:

Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.

 

H.    Refleksi Guru dan Peserta Didik

1.      Refleksi Guru

No

Pertanyaan

Jawaban

1.       

Apakah kegiatan pembuka membantu peserta didik memahami tema dengan lebih baik?

 

2.       

Apakah kegiatan diskusi dapat melatih peserta didik berpikir lebih kritis?

 

3.       

Kegiatan yang paling disukai peserta didik adalah:

 

4.       

Kegiatan yang paling sulit dilakukan peserta didik adalah:

 

5.       

Apakah tip pembelajaran dapat membantu kegiatan mengajar? Coba jelaskan!

 

6.       

Apakah saran kegiatan perancah (inspirasi kegiatan) dapat membantu kegiatan mengajar? Coba jelaskan!

 

7.       

Berikut adalah kesulitan yang saya alami ketika melakukan kegiatan di dalam buku:

 

8.       

Berikut adalah cara yang saya coba di kelas dan berhasil:

 

9.       

……………….

 

10.   

……………….

 

 

2.      Refleksi Peserta Didik

Berilah tanda centang (√) sesuai dengan pengalaman kalian!

Pengalaman Saya

Sudah Bisa

Masih Perlu Belajar

Menyebutkan makna awalan me-

 

 

Menggunakan kata kerja dasar dan berimbuhan

-lah, -kan dalam penulisan teks prosedur

 

 

Menggunakan kata penghubung yang menyatakan urutan

 

 

Menjelaskan prosedur membuat sesuatu

 

 

Menulis teks prosedur sederhana

 

 

    II.            LAMPIRAN

 

Lampiran 1. Penilaian

A.    PENILAIAN DIAGNOSTIK

1.      Diagnostik Non Kognitif

Asesmen diagnostik non kognitif di awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar di rumah, kondisi keluarga dan pergaulan peserta didik, gaya belajar, karakter, dan minat siswa.

No

Pertanyaan

Pilihan Jawaban

Ya

Tidak

1.       

Apa kabar hari ini?

 

 

2.       

Apakah ada yang sakit hari ini?

 

 

3.       

Apakah kalian dalam keadaan sehat?

 

 

4.       

Apakah anak-anak merasa bersemangat hari ini?

 

 

5.       

Apakah anak-anak sudah makan?

 

 

6.       

Apakah tadi malam sudah belajar?

 

 

 

2.      Diagnostik Kognitif

No

Pertanyaan

1.       

Apakah kalian memiliki hobi? Coba ceritakan hobi kalian!

2.       

Apakah kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata awalan imbuhan

me-?

3.       

Apakah kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata akhiran imbuhan

–kan?

4.       

Apakah kalian pernah menulis surat untuk seseorang ataupun sebuah instansi resmi?

5.       

 

 

 

 

 

B.     PENILAIAN FORMATIF

1.      Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                              : …………………………………..

Hari, Tanggal                 : …………………………………..

Pertemuan Ke-               : …………………………………..

Materi Pembelajaran      : …………………………………..

No

Nama Peserta Didik

Aspek Penilaian

Religius

Komunikatif

Tanggung

Jawab

Demokratis

1.       

 

 

 

 

 

2.       

 

 

 

 

 

3.       

 

 

 

 

 

4.       

 

 

 

 

 

5.       

 

 

 

 

 

Berilah tanda cek list (P) pada kolom yang tersedia jika peserta didik sudah menunjukan sikap/perilaku tersebut.

 

2.      Instrumen Penilaian Observasi dan Tanya Jawab

Observasi Terhadap Diskusi dan Tanya Jawab

No

Nama Peserta Didik

Pernyataan

Skor

Pengungkapan Gagasan yang Orisinil

Kebenaran Konsep

Ketepatan Penggunaan Istilah

1

2

1

2

1

2

1.       

 

 

 

 

 

 

 

 

2.       

 

 

 

 

 

 

 

 

3.       

 

 

 

 

 

 

 

 

4.       

 

 

 

 

 

 

 

 

5.       

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan: 1 = tidak, 2 = ya

Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus berikut

 

3.      Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan

Pedoman Penilaian Kompetensi Keterampilan

No

Nama Peserta Didik

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

1

2

3

1.       

 

 

 

 

 

2.       

 

 

 

 

 

3.       

 

 

 

 

 

4.       

 

 

 

 

 

5.       

 

 

 

 

 

 

Aspek dan Rubrik Penilaian

No

Aspek Penilaian

Nilai

Perolehan Nilai

1.       

Kejelasan dan kedalaman informasi

 

 

a.       Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, dan relevan dengan topik/tema yang didiskusikan.

30

 

b.      Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, tetapi kurang relevan dengan topik/tema yang didiskusikan.

20

 

c.       Informasi disampaikan secara jelas, tetapi kurang lengkap.

10

 

2.       

Keaktifan dalam berdiskusi

 

 

a.       Sangat aktif dalam diskusi.

30

 

b.      Cukup aktif dalam diskusi.

20

 

c.       Kurang aktif dalam diskusi.

20

 

3.       

Kejelasan dan kerapian dalam presentasi

 

 

a.       Presentasi sangat jelas dan rapi.

40

 

b.      Presentasi cukup jelas dan rapi.

30

 

c.       Presentasi dengan jelas tetapi kurang rapi.

20

 

d.      Presentasi dengan kurang jelas dan kurang rapi.

10

 

 

Perhitungan Perolehan nilai

Nilai akhir yang diperoleh merupakan akumulasi dari perolehan nilai untuk setiap aspek dengan ketentuan sebagai berikut :

Jika peserta didik pada aspek pertama memperoleh nilai 20, aspek kedua 30, aspek keempat 40, maka total perolehan nilainya adalah 90

 

 

 

 

 

Aspek dan Rubrik Membaca

Aspek Penilaian

BOBOT

Amat Baik

4

Baik

3

Cukup

2

Kurang

1

Pemahaman

 

 

 

 

Ketepatan

 

 

 

 

Hubungan

 

 

 

 

Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

 

Aspek dan Rubrik Berbicara: Diskusi

Aspek Penilaian

BOBOT

Amat Baik

4

Baik

3

Cukup

2

Kurang

1

Persiapan

 

 

 

 

Partisipasi

 

 

 

 

Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

Artikulasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aspek dan Rubrik Berbicara: Presentasi

Aspek Penilaian

BOBOT

Amat Baik

4

Baik

3

Cukup

2

Kurang

1

Persiapan

 

 

 

 

Kelancaran

 

 

 

 

Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

Artikulasi

 

 

 

 

 

Aspek dan Rubrik Menulis: Proses Menulis

Aspek Penilaian

BOBOT

Amat Baik

4

Baik

3

Cukup

2

Kurang

1

Menggali Ide

 

 

 

 

Menulis Kerangka

 

 

 

 

Mengedit

 

 

 

 

Menulis

 

 

 

 

PENILAIAN SUMATIF

Asesmen dilakukan pada akhir semester untuk mengetahui capaian peserta didik pada akhir tahun ajaran. Jenis dan format asesmen sumatif dapat merujuk kepada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Asesmen sumatif untuk kelas lima mencakup penilaian kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

 

Mengetahui                                                                 Yogyakarta, 02 Sept. 2023

Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas

 

Sri Isdiyanti, S.Pd., M.A., M.Pd.                               Fitri Afrikasari, S.Pd.

 

 

Lampiran 1. Lembar Kerja Peserta Didik

LKPD 1

Nama   kelompok:

1.

2.

3.

4

Kelas   :

Petunjuk!

Bacalah teks bacaan yang diberikan oleh guru, temukan kosa kata baru tentukan kata dasar, imbuhan dan akhirannya lalu bentuk ke dalam kalimat baru.

Contoh :

Ratusan pengemudi ojek online (ojol) datangi kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk lakukan audiensi. Mereka meminta adanya payung hukum bagi para pengemudi ojol. Koordinator lapangan Forum Ojol Jogja Bergerak (FOJB), Sapto Paijo menjelaskan, pihaknya merasa senang setelah melakukan audiensi dengan Pemerintah DIY, karena saat melakukan audiensi, pihaknya mendapatkan kejelasan soal payung hukum bagi pengemudi ojek online. “Kita dapat angin segar, dari Pemda DIY akan membentuk tim yang akan memperjuangkan kita. Karena payung hukum untuk teman-teman itu belum tercipta,” ujar dia saat ditemui di Bangsal Wiyotoprojo, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).


sumber : 
https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: 
https://kmp.im/app6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penemuan kata

Kata dasar

Kalimat baru

Merasa

Rasa

Kami merasa Bahagia ketika bertemu orangtua di rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                       

 

Lampiran 1. Lembar Kerja Peserta Didik

LKPD 1

Nama   kelompok:

1.

2.

3.

4

Kelas   :

Petunjuk!

Bacalah teks bacaan yang diberikan oleh guru, temukan kosakata baru tentukan kata dasar, imbuhan dan akhirannya lalu bentuk ke dalam kalimat baru.

Lengkapilah table berikut dengan membaca teks yang terdapat pada berita yang dibagikan.

Penemuan kata

Kata dasar

Kalimat baru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1. Lembar Kerja Peserta Didik Inklusi

LKPD 1

Nama               :

Kelas               : V

Hari/Tgl.          : Jumat, 01 Sept. 2023

 

Petunjuk.

Baca dan tulis imbuhan me- dan akhiran -kan  suku kata berikut dengan bantuan GPK.

Membaca Kosakata baru

Kosakata dengan imbuhan me- dan akhiran -kan

Menyalin/menulis kata yang terdapat pada kolom dua

Rasa

Merasa

 

Buat

Membuat

 

Jadi

Menjadikan

 

Tulis

Menulis

 

Tunjuk

Menunjukkan

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Nama Bayi Perempuan Islami Modern Dan Artinya 1. Rashiqa Kata Rashiqa berasal dari Bahasa Arab ‘Rashiq’ yang punya makna anggun serta kale...