MODUL AJAR
Kurikulum Merdeka
BAHASA
INDONESIA
Fase
C - Kelas V
Disusun Oleh:
Fitri Afrika Sari, S.Pd
YOGYAKARTA
TAHUN 2023/2024
MODUL AJAR BAHASA INDONESIA
I.
INFORMASI
UMUM
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun :
Fitri Afrika Sari, S.Pd
Nama
Sekolah : SD Muhammadiyah
Danunegaran
Tahun
Penyusunan : 2023
Modul
Ajar : Bahasa
Indonesia
Fase/Kelas : C/V
Alokasi
Waktu : 1 kali pertemuan
(2 x 35 menit)
B. KOMPETENSI AWAL
1. Peserta
didik dapat
menyebutkan
berberapa kata dasar yang belum mendapat imbuhan.
2. Peserta
didik dapat
menggunakan
kata kerja dasar dan berimbuhan –lah, -kan dalam penulisan teks prosedur.
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Pada
kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila
tentang:
1. Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih
peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2. Mandiri
dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
3. Kreatif
dengan cara melatih peserta didik membuat kalimat dengan menggunakan kata
berimbuhan me- dan akhiran -kan
D. SARANA DAN PRASARANA/ALAT DAN BAHAN
1. Ruang
Kelas
2. LCD
Projector
3. Laptop
4. Jaringan
Internet/Wifi
5. Buku pendamping
6. Media
Pembelajaran menggunakan Canva
E. Model Pembelajaran
1. Problem
Based Learning
2. Kooperative
learning
F. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kosakata baru, peserta didik mampu mengenali dan
mengucapkan kata-kata baru yang digunakan dalam teks “Minat dan Bakat Eben”.
2.
Melalui kegiatan
presentasi/bercerita, peserta didik dapat berbagi dengan menceritakan tentang
hobinya ke peserta didik lain.
3.
Melalui kegiatan
bahas bahasa, peserta didik mampu mengenal jenis imbuhan, yakni imbuhan
berawalan me- dan akhiran -kan dan -lah.
4.
Melalui kegiatan
bahas bahasa, peserta didik mampu menganalisis maupun mengaplikasikan jenis
imbuhan, yakni imbuhan berawalan me- dan akhiran -kan dan -lah.
Capaian Pembelajaran:
1. Menyimak
Peserta
didik mampu menganalisis informasi berupa fakta, prosedur dengan mengidentifikasikan
ciri objek dan urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks
informatif dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang
dibacakan dan/atau didengar) dan audio.
2. Membaca
dan Memirsa
3. Berbicara
dan
Mempresentasikan
Peserta
didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan
meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Menggunakan kosakata baru
yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan; pilihan kata yang tepat
sesuai dengan norma budaya; menyampaikan informasi dengan fasih dan santun.
Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri
sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi
dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mempresentasikan
gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif,
kreatif, dan kritis; mempresen-tasikan imajinasi secara kreatif.
4. Menulis
Peserta
didik menyampai-kan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri
dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan
penggunaan kosa-kata secara kreatif.
G. Pemahaman Bermakna
1. Setelah
mempelajari “Minat dan Bakat
Eben”.,
peserta didik mampu menerapkan kemampuannya untuk bercerita tentang hobi yang
dimiliki peserta didik dan menulis imbuhan me- dan akhiran -kan
H. Pertanyaan Pemantik
1. Apakah kalian
memiliki hobi? Coba ceritakan hobi kalian!
2. Apakah
kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata awalan imbuhan me-?
3. Apakah
kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata akhiran imbuhan –kan?
I. Persiapan Pembelajaran
1.
Guru menyiapkan
kebutuhan pembelajaran seperti Media
Ajar, Buku cerita anak,
membuat media ajar Canva, membuat LKPD dsb.
2.
Guru
mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan buku teks, alat dan bahan yang
dibutuhkan.
J. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa
peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik
memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang
pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan
keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu
yang dipelajari. 3.
Guru bertanya kepada peserta
didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru mengadakan tes kemampuan
awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan
kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan
dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. 6.
Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik 7.
Peserta didik melakukan ice breaking sebelum inti pembelajaran “https://www.youtube.com/watch?v=5gckoJP9HZ4” |
5 menit |
Kegiatan Inti Tahap 1 : orientasi terhadap
masalah 1.
Peserta didik membaca teks bacaan yang berjudul “Minat dan Bakat Eben”. Pada
buku pendamping. 2.
Peserta didik
mengidentifikasi kosa kata baru yang terdapat dalam teks bacaan 3.
Peserta menjawab pertanyaan guru mengenai hobi yang mereka dimiliki Tahap 2 : organisasi belajar 4.
Salah satu peserta didik diminta untuk menceritakan tentang hobi yang
mereka senangi 5.
Peserta didik bermain permainan tebak-tebakan mengenai hobi masing
masing peserta didik sebagai kegiatan pembuka. Permainan ini memiliki dua
peran, yakni sebagai pemberi petunjuk dan penebak. Seorang peserta didik akan
memberikan petunjuknya melalui gerakan tubuh tanpa bersuara di depan kelas.
Peserta didik yang lainnya akan menebak hobi apa yang sesuai gerakan tubuh
tanpa suara tersebut. Mengamati Siswa diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik yang disajikan menggunakan media presentasi 6.
Peserta didik memperhatikan keterangan yang disampaikan oleh guru 7.
Peserta didik mengidentifikasi penggunaan imbuhan me-, men-, meny- 8.
Peserta didik juga menyimak penjelasan guru tentang contoh membentuk
kata dengan imbuhan me- dan akhiran -kan Menanya (4C: Critical thinking) 9.
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin kata yang dapat dibentuk dengan menggunakan imbuhan me 10.
Mengajukan pertanyaan tentang bagaimana pembentukan kalimat mengunakan
kosa kata baru Tahap 3 : penyelidikan
individual maupun kelompok 1.
Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok 2.
Guru membagikan LKPD secara berkelompok 3.
Guru menyampaikan tugas LKPD pada peserta didik yang inklusi dengan
bantuan GPK 4.
Peserta didik mengerjakan tugas kelompok LKPD pembentukan kalimat
dengan menggunakan kosakata baru dan penggunaan imbuhan me- dan akhiran -kan 5.
Guru berkeliling kelas dan memberikan pendampingan pada kelompok yang
masih membutuhkan bimbingan yang lebih intensif Tahap 4 : pengembangan dan
penyajian hasil penyelesaian masalah 6.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok
secara bergantian 7.
Kelompok yang lain mengajukan pertanyaan dan memberikan saran atau
masukan kepada kelompok yang presentasi Fase 5 :
analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah 8.
Guru memberi tanggapan terhadap hasil presentasi peserta didik 9.
Dan Guru juga memberi saran dan apresiasi atas kerja sama peserta didik |
45 menit |
Penutup 1.
Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran
yang telah dilakukan. 2.
peserta didik bersama guru melakukan refleksi. -
Materi apa saja yang telah
dimengerti? -
Materi apa saja yang belum
dimengerti? 3.
Guru mengajak peserta didik menyanyi lagu daerah
“Sajojo” 4.
Kegiatan
diakhiri dengan doa bersama. |
10 menit |
F. Asesmen
No |
Jenis
Asesmen |
Bentuk
Asesmen |
1.
|
Diagnostik |
·
Pertanyaan pemantik tersebut di
atas. ·
Tanya jawab sebagai tindak lanjut. |
2.
|
Formatif |
Latihan, Ulangan Harian |
3.
|
Sumatif |
Penilaian kemampuan menyimak, berbicara, membaca,
dan menulis. |
G. Kegiatan Remedial dan Pengayaan
1. Kegiatan
remedial:
Peserta
didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan
materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual
tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
2. Kegiatan pengayaan:
Peserta
didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru
memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya
terhadap materi yang telah dipelajari.
H. Refleksi Guru dan Peserta Didik
1. Refleksi Guru
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1.
|
Apakah kegiatan pembuka membantu peserta didik
memahami tema dengan lebih baik? |
|
2.
|
Apakah kegiatan diskusi dapat melatih peserta
didik berpikir lebih kritis? |
|
3.
|
Kegiatan yang paling disukai peserta didik adalah: |
|
4.
|
Kegiatan yang paling sulit dilakukan peserta didik
adalah: |
|
5.
|
Apakah tip pembelajaran dapat membantu kegiatan
mengajar? Coba jelaskan! |
|
6.
|
Apakah saran kegiatan perancah (inspirasi
kegiatan) dapat membantu kegiatan mengajar? Coba jelaskan! |
|
7.
|
Berikut adalah kesulitan yang saya alami ketika
melakukan kegiatan di dalam buku: |
|
8.
|
Berikut adalah cara yang saya coba di kelas dan
berhasil: |
|
9.
|
………………. |
|
10. |
………………. |
|
2. Refleksi Peserta Didik
Berilah tanda centang (√) sesuai dengan pengalaman
kalian!
Pengalaman
Saya |
Sudah
Bisa |
Masih
Perlu Belajar |
Menyebutkan makna awalan me- |
|
|
Menggunakan kata kerja dasar dan berimbuhan -lah, -kan dalam penulisan teks prosedur |
|
|
Menggunakan kata penghubung yang menyatakan urutan |
|
|
Menjelaskan prosedur membuat sesuatu |
|
|
Menulis teks prosedur sederhana |
|
|
II.
LAMPIRAN
Lampiran
1. Penilaian
A. PENILAIAN DIAGNOSTIK
1. Diagnostik Non Kognitif
Asesmen
diagnostik non kognitif di awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal
meliputi kesejahteraan psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta
didik selama belajar di rumah, kondisi keluarga dan pergaulan peserta didik,
gaya belajar, karakter, dan minat siswa.
No |
Pertanyaan |
Pilihan
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1.
|
Apa kabar hari ini? |
|
|
2.
|
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3.
|
Apakah kalian dalam keadaan sehat? |
|
|
4.
|
Apakah anak-anak merasa bersemangat hari ini? |
|
|
5.
|
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6.
|
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
2. Diagnostik Kognitif
No |
Pertanyaan |
1.
|
Apakah kalian memiliki hobi? Coba ceritakan hobi kalian! |
2.
|
Apakah kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata awalan imbuhan me-? |
3.
|
Apakah kalian tahu apa fungsi suatu kata diberi kata akhiran imbuhan –kan? |
4.
|
Apakah kalian pernah menulis surat untuk seseorang
ataupun sebuah instansi resmi? |
5.
|
|
B. PENILAIAN FORMATIF
1. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Pedoman
Pengamatan Sikap
Kelas : …………………………………..
Hari, Tanggal : …………………………………..
Pertemuan Ke- : …………………………………..
Materi Pembelajaran : …………………………………..
No |
Nama
Peserta Didik |
Aspek
Penilaian |
|||
Religius |
Komunikatif |
Tanggung Jawab |
Demokratis |
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Berilah
tanda cek list (P) pada kolom
yang tersedia jika peserta didik sudah menunjukan sikap/perilaku tersebut.
2. Instrumen Penilaian Observasi dan Tanya Jawab
Observasi
Terhadap Diskusi dan Tanya Jawab
No |
Nama
Peserta Didik |
Pernyataan |
Skor |
|||||
Pengungkapan
Gagasan yang Orisinil |
Kebenaran
Konsep |
Ketepatan
Penggunaan Istilah |
||||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = tidak, 2 = ya
Penilaian
sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus berikut
3. Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
Pedoman
Penilaian Kompetensi Keterampilan
No |
Nama
Peserta Didik |
Aspek
Penilaian |
Jumlah
Nilai |
||
1 |
2 |
3 |
|||
1. |
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Aspek dan Rubrik Penilaian
No |
Aspek
Penilaian |
Nilai |
Perolehan
Nilai |
1.
|
Kejelasan
dan kedalaman informasi |
|
|
a.
Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, dan relevan dengan topik/tema
yang didiskusikan. |
30 |
|
|
b.
Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, tetapi kurang relevan
dengan topik/tema yang didiskusikan. |
20 |
|
|
c.
Informasi disampaikan secara jelas, tetapi kurang lengkap. |
10 |
|
|
2.
|
Keaktifan
dalam berdiskusi |
|
|
a.
Sangat aktif dalam diskusi. |
30 |
|
|
b.
Cukup aktif dalam diskusi. |
20 |
|
|
c.
Kurang aktif dalam diskusi. |
20 |
|
|
3.
|
Kejelasan
dan kerapian dalam presentasi |
|
|
a.
Presentasi sangat jelas dan rapi. |
40 |
|
|
b.
Presentasi cukup jelas dan rapi. |
30 |
|
|
c.
Presentasi dengan jelas tetapi kurang rapi. |
20 |
|
|
d.
Presentasi dengan kurang jelas dan kurang rapi. |
10 |
|
Perhitungan
Perolehan nilai
Nilai
akhir yang diperoleh merupakan akumulasi dari perolehan nilai untuk setiap
aspek dengan ketentuan sebagai berikut :
Jika
peserta didik pada aspek pertama memperoleh nilai 20, aspek kedua 30, aspek
keempat 40, maka total perolehan nilainya adalah 90
Aspek dan Rubrik Membaca
Aspek
Penilaian |
BOBOT |
|||
Amat
Baik 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Kurang 1 |
|
Pemahaman |
|
|
|
|
Ketepatan |
|
|
|
|
Hubungan |
|
|
|
|
Penggunaan Bahasa |
|
|
|
|
Aspek dan Rubrik Berbicara: Diskusi
Aspek
Penilaian |
BOBOT |
|||
Amat
Baik 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Kurang 1 |
|
Persiapan |
|
|
|
|
Partisipasi |
|
|
|
|
Penggunaan Bahasa |
|
|
|
|
Artikulasi |
|
|
|
|
Aspek dan Rubrik Berbicara: Presentasi
Aspek
Penilaian |
BOBOT |
|||
Amat
Baik 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Kurang 1 |
|
Persiapan |
|
|
|
|
Kelancaran |
|
|
|
|
Penggunaan Bahasa |
|
|
|
|
Artikulasi |
|
|
|
|
Aspek dan Rubrik Menulis: Proses Menulis
Aspek
Penilaian |
BOBOT |
|||
Amat
Baik 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Kurang 1 |
|
Menggali Ide |
|
|
|
|
Menulis Kerangka |
|
|
|
|
Mengedit |
|
|
|
|
Menulis |
|
|
|
|
PENILAIAN SUMATIF
Asesmen dilakukan pada akhir
semester untuk mengetahui capaian peserta didik pada akhir tahun ajaran. Jenis
dan format asesmen sumatif dapat merujuk kepada AKM (Asesmen Kompetensi
Minimum). Asesmen sumatif untuk kelas lima mencakup penilaian kemampuan
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Mengetahui Yogyakarta,
02 Sept. 2023
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Sri Isdiyanti, S.Pd., M.A., M.Pd. Fitri
Afrikasari, S.Pd.
Lampiran 1. Lembar
Kerja Peserta Didik
LKPD 1
Nama kelompok:
1.
2.
3.
4
Kelas :
Petunjuk!
Bacalah teks
bacaan yang diberikan oleh guru, temukan kosa kata baru tentukan kata dasar,
imbuhan dan akhirannya lalu bentuk ke dalam kalimat baru.
Contoh :
Ratusan
pengemudi ojek online (ojol) datangi kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta
(DIY) untuk lakukan audiensi. Mereka meminta adanya payung hukum bagi para
pengemudi ojol. Koordinator lapangan Forum Ojol Jogja Bergerak (FOJB), Sapto
Paijo menjelaskan, pihaknya merasa senang setelah melakukan audiensi
dengan Pemerintah DIY, karena saat melakukan audiensi, pihaknya mendapatkan
kejelasan soal payung hukum bagi pengemudi ojek online. “Kita dapat angin
segar, dari Pemda DIY akan membentuk tim yang akan memperjuangkan kita. Karena
payung hukum untuk teman-teman itu belum tercipta,” ujar dia saat ditemui di
Bangsal Wiyotoprojo, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).
sumber : https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Penemuan kata |
Kata dasar |
Kalimat baru |
Merasa |
Rasa |
Kami merasa Bahagia ketika bertemu orangtua di rumah. |
|
|
|
Lampiran 1. Lembar
Kerja Peserta Didik
LKPD 1
Nama kelompok:
1.
2.
3.
4
Kelas :
Petunjuk!
Bacalah teks bacaan
yang diberikan oleh guru, temukan kosakata baru tentukan kata dasar, imbuhan
dan akhirannya lalu bentuk ke dalam kalimat baru.
Lengkapilah table
berikut dengan membaca teks yang terdapat pada berita yang dibagikan.
Penemuan kata |
Kata dasar |
Kalimat baru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 1. Lembar
Kerja Peserta Didik Inklusi
LKPD 1
Nama :
Kelas : V
Hari/Tgl. : Jumat, 01 Sept. 2023
Petunjuk.
Baca dan tulis imbuhan me- dan
akhiran -kan suku kata berikut dengan
bantuan GPK.
Membaca Kosakata baru |
Kosakata dengan imbuhan me- dan
akhiran -kan |
Menyalin/menulis kata yang
terdapat pada kolom dua |
Rasa |
Merasa |
|
Buat |
Membuat |
|
Jadi |
Menjadikan |
|
Tulis |
Menulis |
|
Tunjuk |
Menunjukkan |
|
No comments:
Post a Comment