Tuesday, August 5, 2025

MENYUSUN TUJUAN PEMBELAJARAN

 

                MENYUSUN TUJUAN PEMBELAJARAN

( LIHAT BESKAP NO 033/TAHUN 2022 , HAL 99 ELEMEN PANCASILA )

No

Elemen

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

144 JP Intra +  36 JP Projek  ), 4 JP Intra/Mg,

1 th = 36 Minggu ) , 1 smt = 72 JP

1

Pancasila

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilainilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

1.       Peserta didik mampu mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

2.       Peserta didik menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

3.       Peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila

4.       Peserta didik mampu  menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila

5.       Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

1 Semester 72 JP

Perincian waktu :

1. alokasi belajar

2. alokasi asesmen ( awal, sumatif )

 

1 Semester 18 Minggu

72 JP : 18

 

 

18 JP ( TP No 1-3 )

Pembagian TP :

1.1  ( TP No 1-3 )

1.2

1.3

 

2.1  ( TP No 4-5 )

2.2

2

 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

6.       Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga

7.       Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan sekolah

8.       Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga

9.       Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di sekolah

10.   Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

11.   Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan  sekolah.

18 JP ( TP  6-11 )

1.4 ( TP No 6-8 )

1.5

1.6

 

 

 

 

2.3

2.4

2.5

3

Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah

12.   Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya

13.   Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah

14.   Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan sekolah.

15.   Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah

16.   Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan   sekolah

18 JP ( TP No 12-14 )

 

1.7

1.8

1.9

 

 

 

2.6

2.7

2.8

4

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.

17.   Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga

18.   Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan  sekolah

19.   Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI

20.   Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI

21.   Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.

18 JP ( TP No = 17-19 )

1.10

1.11

1.12

1.13

 

2.

 

Total

 

 

72 JP

 

                                                                                                                                                                                                                    Yogyakarta, Juli 2023

Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                                                Guru Kelas 1,

Sri Isdiyanti, S.Pd,M.A,M.Pd                                                                                                                                                       .......................................

NIY. 103.9674

 

 

NB : 1. Dalam TP minimal memuat 2 komponen utama : kompetensi /ketrampilan yang ditunjukkan oleh peserta didik dan lingkup materi yaitu

             Konten dan Konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.

         2. Gunakan taksonomi dari pakar yang dirujuk dalam merumuskan TP

            

 

 


No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Nama Bayi Perempuan Islami Modern Dan Artinya 1. Rashiqa Kata Rashiqa berasal dari Bahasa Arab ‘Rashiq’ yang punya makna anggun serta kale...