MENYUSUN TUJUAN PEMBELAJARAN
( LIHAT BESKAP NO 033/TAHUN 2022 , HAL 99 ELEMEN
PANCASILA )
No
|
Elemen
|
Capaian Pembelajaran
|
Tujuan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
144 JP Intra + 36 JP Projek ), 4 JP Intra/Mg,
1 th = 36 Minggu ) , 1 smt
= 72 JP
|
1
|
Pancasila
|
Peserta
didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan
menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda
Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilainilai Pancasila di lingkungan
keluarga dan sekolah
|
1.
Peserta didik mampu mengenal simbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
2.
Peserta didik menceritakan simbol dan sila-sila
Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.
Peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan
antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.
Peserta didik mampu menjelaskan hubungan antara simbol dan sila
dalam lambang negara Garuda Pancasila
5.
Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai
Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah
|
1 Semester 72 JP
Perincian waktu :
1. alokasi belajar
2. alokasi asesmen ( awal,
sumatif )
1 Semester 18 Minggu
72 JP : 18
18 JP ( TP No 1-3 )
Pembagian TP :
1.1 ( TP No 1-3 )
1.2
1.3
2.1 ( TP No 4-5 )
2.2
|
2
|
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
|
Peserta
didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik
mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di
keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi
aturan di keluarga dan sekolah.
|
6.
Peserta didik mampu mengenal aturan di
lingkungan keluarga
7.
Peserta didik mampu mengenal aturan di
lingkungan sekolah
8.
Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap
mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga
9.
Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap
mematuhi dan tidak mematuhi aturan di sekolah
10.
Peserta didik mampu menunjukkan perilaku
mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
11.
Peserta didik mampu menunjukkan perilaku
mematuhi aturan sekolah.
|
18 JP ( TP 6-11 )
1.4 ( TP No 6-8 )
1.5
1.6
2.3
2.4
2.5
|
3
|
Bhinneka Tunggal Ika
|
Peserta
didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin,
ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri
(fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di
sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik
(contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin,
kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah
|
12.
Peserta didik mampu menyebutkan identitas
dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya
13.
Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri
(fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah
14.
Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri
(fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan sekolah.
15.
Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai
perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik
(contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah
16.
Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai
perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun
nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di
lingkungan sekolah
|
18 JP ( TP No 12-14 )
1.7
1.8
1.9
2.6
2.7
2.8
|
4
|
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Peserta
didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam
keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal
ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak
terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap
dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan
keluarga dan sekolah.
|
17.
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan
bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga
18.
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan
bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan sekolah
19.
Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik
lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari
wilayah NKRI
20.
Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik
lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari
wilayah NKRI
21.
Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan
perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan
keluarga dan sekolah.
|
18 JP ( TP No = 17-19 )
1.10
1.11
1.12
1.13
2.
|
|
Total
|
|
|
72 JP
|
Yogyakarta, Juli 2023
Kepala Sekolah, Guru
Kelas 1,
Sri Isdiyanti,
S.Pd,M.A,M.Pd .......................................
NIY. 103.9674
NB : 1. Dalam TP
minimal memuat 2 komponen utama : kompetensi /ketrampilan yang ditunjukkan oleh
peserta didik dan lingkup materi yaitu
Konten dan Konsep utama yang perlu
dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.
2. Gunakan taksonomi dari pakar yang
dirujuk dalam merumuskan TP
No comments:
Post a Comment