MODUL
AJAR
INFORMASI UMUM |
||||
A. IDENTITAS
MODUL |
||||
Penyusun |
: |
Irma Yulianti Budi Safitri, S.Si., M.Pd. |
||
Satuan Pendidikan |
: |
SD Muhammadiyah |
||
Jenjang Sekolah |
: |
Sekolah Dasar |
||
Tahun Pelajaran |
: |
2023/2024 |
||
Mata Pelajaran |
: |
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosiak (IPAS) |
||
Fase/Kelas |
: |
C/VI |
||
Bab 3 |
: |
Makhliuk Hidup Menyesuaikan Diri dengan
Lingkungan |
||
Topik 1 |
: |
Penyesuaian Hewan terhadap Lingkungannya |
||
Alokasi Waktu |
: |
2 jp ( 2x35 menit) |
||
B.
PROFIL PELAJAR
PANCASILA |
||||
1.
Beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia a. Elemen
akhlak kepada manusia 1) Subelemen
mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan: Terbiasa
mengidentifikasi hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan
temannya dalam berbagai hal serta memberikan respon secara positif 2. Bergotong royong a. Elemen
kolaborasi 1) Subelemen
saling ketergantungan positif: menyadari bahwa setiap orang membutuhkan orang
lain dalam memenuhi kebutuhannya dan perlunya saling membantu. 3.
Mandiri a. Elemen
regulasi diri 1) Subelemen
mengembangkan pengendalian dan disiplin diri: menjelaskan pentingnya mengatur
diri secara mandiri dan mulai menjalankan kegiatan dan tugas yang telah
disepakati secara mandiri. 4.
Bernalar kritis a. Elemen
memperoleh dan memproses informasi dan gagasan 1) Mengajukan
pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi
pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan
sekitarnya. |
||||
C.
TARGET PESERTA
DIDIK |
||||
1.
Peserta didik
regular: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. 2.
Peserta didik
dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berpikir tinggi HOTS, dan memiliki keterampilan memimpin. |
||||
D.
STRATEGI
PEMBELAJARAN |
||||
1.
Pendekatan : TPACK,
saintifik 2.
Model Pembelajaran
: Problem Based Learning 3.
Metode
Pembelajaran: eksplorasi, ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penigasan |
||||
E.
SARANA DAN
PRASARANA 1.
Media: gambar,
laptop, proyektor, jaringat internet 2.
Sumber Belajar:
Azam, M. 2022. Akrab dengan Dunia IPA untuk Kelas VI SD. Solo: PT Tiga
Serangkai. 3.
Media Pembelajaran:
PPT interaktif 4.
Perlengkapan yang
dibutuhkan peserta didik: a. LKPD b. Kertas
|
||||
F.
Kompetensi Awal |
||||
Peserta didik sudah mampu mengidentifikasi
tujuan makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya. |
||||
KOMPONEN INTI |
||||
A.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
||||
Fase C Peserta didik menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
||||
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN |
||||
1.
Menampilkan sikap menghargai hak dan kewajiban sebagai warga
sekolah dalam kehidupan sehari-hari (A2) 2.
Mematuhi aturan
dalam kegiatan berkelompok (P1) 3.
Mengelompokkan penyesuaian
diri hewan terhadap lingkungan ekstrem yang sesuai. (C2) 4. Menuliskan
bentuk paruh, kegunaan paruh dan jenis makanan pada burung. (C3) 5. Menganalisis
bentuk penyesuaian diri hewan berdasarkan ciri-cirinya. (C4) |
||||
C.
ALUR TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||||
1.
Melalui kegiatan
berkelompok, peserta didik menampilkan sikap
menghargai hak dan kewajiban sebagai warga sekolah dalam kehidupan
sehari-hari dengan baik. (A2) 2.
Melalui kegiatan
berkelompok, peserta didik dapat mematuhi aturan dalam kegiatan berkelompok
dengan baik. (P1) 3.
Melalui diskusi,
peserta didik dapat mengelompokkan penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan
ekstrem yang sesuai dengan benar. (C2) 4.
Melalui kegiatan
diskusi, peserta didik dapat memprediksi bentuk paruh, kegunaan paruh dan
jenis makanan pada burung dengan cermat. (C3) 5.
Melalui kegiatan
diskusi, peserta didik dapat menganalisis bentuk penyesuaian diri hewan
berdasarkan ciri-cirinya dengan teliti. (C4) |
||||
D.
MATERI POKOK |
||||
Penyesuaian Diri Makhluk Hidup terhadap
Lingkungan |
||||
E.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||
Meningkatkan kemampuan peserta didik bisa
mengidentifikasi bentuk penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan dan
menganalisis akibat apabila hewan tidak dapat menyesuaikan diri |
||||
F.
PERTANYAAN PEMANTIK |
||||
1.
Pernahkah kalian
melihat bebek? 2.
Bagaimana
penyesuaian bentuk tubuhnya terhadap lingkungan? 3.
Apakah paruh bebek
dengan paruh elang memiliki kesamaan? 4.
Mengapa bentuk
paruh dan kaki burung bermacam-macam? |
||||
G.
ASESMEN |
||||
1.
Asesmen diagnostik:
tes kognitif dan atau non kognitif sebelum pembelajaran untuk mengukur
kemampuan awal peserta didik 2.
Asesmen formatif:
mengumpulkan data kemajuan peserta didik dalam menguasai kompetensi yang akan
dicapai (pertanyaan lisan, observasi) dan diintepretasikan untuk rencana
tindak lanjut pembelajaran berikutnya. |
||||
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||||
SIntak PBL |
Kegiatan |
Muatan Inovatif TPACK, Profil Pelajar Pancasila, 4Cs |
||
Kegiatan
Pendahuluan |
||||
|
1. Peserta
didik menjawab salam yang diberikan oleh guru 2. Peserta
didik didampingi guru memulai Pelajaran dengan berdoa bersama dipimpin teman
sesuai urutan nomor presensi 3. Peserta
didik melakukan pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional (Indonesia Raya)
guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat
nasionalisme. 4. Peserta
didik dengan guru melakukan pemeriksaan kehadiran bersama. 5. Peserta
didik mendengarkanguru menyampaikan apersepsi, mengaitkan pembelajaran
sebelumnya melalui pertanyaan “anak-anak, pernahkah kalian melihat bebek? Bagaimana penyesuaian bentuk tubuhnya
terhadap lingkungan? Apakah paruh bebek dengan paruh elang
memiliki kesamaan?” 6. Apakah
paruh bebek dengan paruh elang memiliki kesamaan Peserta didik mendengarkan
guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang materi adaptasi hewan terhadap
lingkungan |
|
||
Kegiatan Inti |
||||
Orientasi Siswa pada Masalah |
7. Peserta
didik bersama guru mengamati gambar yang ditampilkan 8. Peserta
didik diberikan permasalahan “Bagaimana apabila
hewan tidak mampu beradaptasi?” 9. Peserta
didik diberi penjelasan mengenai
adaptasi hewan terhadap lingkungan 10.
Peserta didik
bersama guru bertanya jawab mengenai pengertian adaptasi, tujuan adaptasi
melalui ppt yang ditampilkan oleh guru. |
|
||
Mengorganisasi siswa untuk belajar |
11.
Peserta didik
dibagi ke dalam 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 peserta
didik. 12.
Guru membagi LKPD
1, 2, dan 3 dan mendapat arahan dalam tugas kelompok. 13.
Peserta didik
dipersilakan membaca bahan ajar dan sumber belajar lainnya. |
|
||
Membimbing Penyelidikan |
14.
Peserta didik mengelompokkan
penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan ekstrem yang sesuai dengan benar.
melalui kerja kelompok 15. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik
dapat memprediksi bentuk paruh, kegunaan paruh dan jenis makanan pada burung
dengan cermat. 16.
Melalui kegiatan
diskusi, peserta didik dapat menganalisis bentuk penyesuaian diri hewan
berdasarkan ciri-cirinya dengan teliti 17.
Peserta didik
dipantau dan dibimbing oleh guru dalam proses penyelesaian tugas kelompoknya. |
|
||
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya |
18.
Peserta didik tiap
kelompok dipersilakan untuk mempresentasikan hasil diskusinya. 19.
Peserta didik dapat
menanggapi dan memberi apresiasi terhadap presentasi kelompok lain. |
|
||
Analisis dan Evaluasi |
20.
Peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi 21.
Guru mengevaluasi
diskusi yang sudah dilakukan oleh peserta didik |
|
||
|
22.
Peserta didik
bersama guru melakukan refleksi pembelajaran hari ini 23.
Peserta didik
dibagikansoal evaluasi untuk dikerjakan 24.
Guru membahas
evaluasi yang sudah dikerjakan peserta didik 25.
Peserta didik
menerima apresiasi dan motivasi dari guru 26.
Peserta didik
bersama guru |
|
||
LAMPIRAN |
|
|
||
A.
Pengayaan dan
Remidial |
||||
Pengayaan : peserta didik yang telah
mencapai target kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran diberikan pengayaan |
||||
Remidial : peserta didik yang belum
mencapai target ketercapaian tujuan pembelajaran |
||||
B.
Bahan Ajar
(terlampir) |
||||
C.
LKPD (terlampir |
||||
D.
Rubrik Penilaian |
||||
E.
Refleksi |
||||
Refleksi guru:kegiatan refleksi guru dapat
meningkatkan capaian hasil pembelajaran. Hasil refleksi pembelajaran dapat
dijasikan sebagau bahan observasi untuk mengetahui tingkat ketercapaian
tujuan pembelajaran bagi peserta didik yang diisi pada lembar refleksi guru.
(terlampir) |
||||
Refleksi peserta didik: kegiatan refleksi
peserta didik bertujuan untuk melihat respon peserta didik dari proses
pembelajaran yang sedang maupun telah berlangsung peserta didik dapat
mengungkapkan perasannya dalam mengikuti proses pembalajaran. Hasil refleksi
peserta didik sebagai bahan rencana tindak lanjut guru untuk menyempurnakan
pembelajaran |
||||
Refleksi
Guru
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Apa yang sudah berjalan
baik di dalam kelas? Apa yang saya sukai dari kegiatan pembelajaran kali ini?
Apa yang tidak saya sukai ? |
|
2 |
Pelajaran apa yang saya
dapatkan selama pembelajaran? |
|
3 |
Apa yang ingin saya ubah
untuk meningkatkan/memperbaiki pelaksanaan/ hasil pembelajaran? |
|
4 |
Dengan
pengetahuan yang saya dapat/miliki sekarang, apa yang akan saya lakukan jika
harus mengajar kegiatan yang sama di kemudian hari? |
|
5 |
Kapan
atau pada bagian mana saya merasa kreatif ketika mengajar, dan mengapa
menurut guru? |
|
6 |
Pada
langkah ke berapa peserta didik paling belajar banyak? |
|
7 |
Pada
momen apa peserta didik menemui kesulitan saat mengerjakan tugas akhir mereka |
|
8 |
Bagaimana
mereka mengatasi masalah tersebut dan apa peran saya pada saat itu? |
|
Refleksi
Siswa
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Bagian mana dari materi yang kalian rasa paling
sulit? |
|
2 |
Apa yang kalian lakukan untuk dapat lebih memahami
materi ini? |
|
3 |
Apakah kalian memiliki cara sendiri untuk memahami
materi ini? |
|
4 |
Kepada siapa kalian akan meminta
bantuan untuk memahami materi ini? |
|
Mengetahu Yogyakarta,
30 Agustus 2023
Kepala Sekolah Guru
Kelas VI
Sri Isdiyanti, S.Pd., M.A., M.Pd. Irma
Yulianti Budi Safitri
NBM. 1039674 NBM.
999568
LAMPIRAN
Penilaian Diagnostik
1.
Diagnostik Non
Kognitif
Asesmen diagnostik
non kognitif di awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi
kesejahteraan psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama
belajar di rumah, kondisi keluarga dan pergaulan peserta didik, gaya belajar,
karakter, dan minat siswa
No |
Pertanyaan |
Pilihan Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1 |
Apa kabar hari ini? |
|
|
2 |
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3 |
Apakah kalian dalam keadaan sehat? |
|
|
4 |
Apakah anak-anak merasa
bersemangat hari ini? |
|
|
5 |
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6 |
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
2.
Diagnostik Kognitif
No |
Pertanyaan |
1 |
Apa yang dimaksud dengan adaptasi? |
2 |
Apa tujuan dari makhluk hidup beradaptasi? |
3 |
Bagaimana cara makhluk hidup beradaptasi? |
Penilaian Formatif
Rubrik Penilaian Sikap
No. |
Nama
Siswa |
Kerjasama |
Rasa
Ingin Tahu |
Santun |
Komunikatif |
Keterangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kolom Aspek penilaian diisi dengan angka yang
sesuai dengan kriteria berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Lembar Penilaian Sikap
No. |
Nama
Siswa |
Kerjasama |
Rasa
Ingin Tahu |
Santun |
Komunikatif |
Jumlah
nilai |
|
Alvino |
|
|
|
|
|
2 |
Khansa |
|
|
|
|
|
3 |
Bryan |
|
|
|
|
|
4 |
Damar |
|
|
|
|
|
5 |
Desta |
|
|
|
|
|
6 |
Devara |
|
|
|
|
|
7 |
El Hadadnur |
|
|
|
|
|
8 |
Fadli |
|
|
|
|
|
9 |
Fatih |
|
|
|
|
|
10 |
Fawwas |
|
|
|
|
|
11 |
Intan |
|
|
|
|
|
12 |
Kinara |
|
|
|
|
|
13 |
Maleeq |
|
|
|
|
|
14 |
Rafiq |
|
|
|
|
|
15 |
Nabila |
|
|
|
|
|
16 |
Nafil |
|
|
|
|
|
17 |
Prabasiwi |
|
|
|
|
|
18 |
Putra |
|
|
|
|
|
19 |
Qatrunnada |
|
|
|
|
|
20 |
Quaneisha |
|
|
|
|
|
21 |
Raiffa |
|
|
|
|
|
22 |
Raffa |
|
|
|
|
|
23 |
Rahma |
|
|
|
|
|
24 |
Raissa |
|
|
|
|
|
25 |
Retno J |
|
|
|
|
|
26 |
R. Adelia |
|
|
|
|
|
27 |
R. Amira |
|
|
|
|
|
28 |
Rr Fira |
|
|
|
|
|
29 |
Said |
|
|
|
|
|
30 |
Sabila M |
|
|
|
|
|
31 |
Salsabila A |
|
|
|
|
|
32 |
Syakira A |
|
|
|
|
|
33 |
Syavrilla |
|
|
|
|
|
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
Pedoman Penilaian Kompetensi Keterampilan
No |
Nama |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
1 |
2 |
3 |
|||
1 |
Alvino |
|
|
|
|
2 |
Khansa |
|
|
|
|
3 |
Bryan |
|
|
|
|
4 |
Damar |
|
|
|
|
5 |
Desta |
|
|
|
|
6 |
Devara |
|
|
|
|
7 |
El Hadadnur |
|
|
|
|
8 |
Fadli |
|
|
|
|
9 |
Fatih |
|
|
|
|
10 |
Fawwas |
|
|
|
|
11 |
Intan |
|
|
|
|
12 |
Kinara |
|
|
|
|
13 |
Maleeq |
|
|
|
|
14 |
Rafiq |
|
|
|
|
15 |
Nabila |
|
|
|
|
16 |
Nafil |
|
|
|
|
17 |
Prabasiwi |
|
|
|
|
18 |
Putra |
|
|
|
|
19 |
Qatrunnada |
|
|
|
|
20 |
Quaneisha |
|
|
|
|
21 |
Raiffa |
|
|
|
|
22 |
Raffa |
|
|
|
|
23 |
Rahma |
|
|
|
|
24 |
Raissa |
|
|
|
|
25 |
Retno J |
|
|
|
|
26 |
R. Adelia |
|
|
|
|
27 |
R. Amira |
|
|
|
|
28 |
Rr Fira |
|
|
|
|
29 |
Said |
|
|
|
|
30 |
Sabila M |
|
|
|
|
31 |
Salsabila A |
|
|
|
|
32 |
Syakira A |
|
|
|
|
33 |
Syavrilla |
|
|
|
|
Aspek dan Rubrik Penilaian
No |
Aspek Penilaian |
Nilai |
Perolehan Nilai |
1 |
Kejelasan dan kedalaman informasi |
|
|
|
a.
Informasi yang
disampaikan secara jelas, lengkap, dan relevan dengan topik/tema yang
didiskusikan |
30 |
|
|
b.
Informasi
disampaikan secara jelas, lengkap, tetapi kurang relevan dengan topik/tema
yang didiskusikan. |
20 |
|
|
c.
Informasi
disampaikan secara jelas, tetapi kurang lengkap. |
10 |
|
2 |
Keaktifan dalam berdiskusi |
|
|
|
a.
Sangat aktif dalam
diskusi |
30 |
|
|
b.
Cukup aktif dalam
diskusi |
20 |
|
|
c.
Kurang aktif dalam
diskusi |
10 |
|
3 |
Kejelasan dan kerapian dalam presentasi |
|
|
|
a.
Presentasi sangat
jelas dan rapi. |
40 |
|
|
b.
Presentasi cukup
jelas dan rapi. |
30 |
|
|
c.
Presentasi jelas
tapi kurang rapi |
20 |
|
|
d.
Presentasi kurang
jelas dan kurang rapi |
10 |
|
Kisi-kisi soal
Mata Pelajaran : IPAS
No. |
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Jumlah Soal |
1 |
Peserta didik menganalisis cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan |
Penyesuaian hewan terhadap lingkungan |
Peserta didik mampu memprediksi makanan
dari burung dengan melihat dari bentuk paruhnya |
Uraian |
1 |
|
|
|
Peserta didik dapat menghubungkan gambar
hewan dengan bentuk penyesuaian diri yang tepat |
Uraian |
1 |
Rubrik Penilaian Kognirif – Lembar Evaluasi
Nomor Soal |
Skor Soal |
Kriteria Penilaian |
1 |
6 |
Peserta didik menjawab 6 soal dengan benar |
5 |
Peserta didik menjawab 5 soal dengan benar |
|
4 |
Peserta didik menjawab 4 soal dengan benar |
|
3 |
Peserta didik menjawab 3 soal dengan benar |
|
2 |
Peserta didik menjawab 2 soal dengan benar |
|
1 |
Peserta didik menjawab 1 soal dengan benar |
|
0 |
Peserta didik tidak menjawab soal |
|
2 |
4 |
Peserta didik menjawab 4 soal dengan benar |
3 |
Peserta didik menjawab 3 soal dengan benar |
|
2 |
Peserta didik menjawab 2 soal dengan benar |
|
1 |
Peserta didik menjawab 1 soal dengan benar |
|
0 |
Peserta didik tidak menjawab soal |
No comments:
Post a Comment