A.
Capaian
Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Setiap Fase
1. Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD/MI/Program Paket A) Pada akhir Fase A, pada elemen Al-Qur’an-Hadis peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik. Dalam elemen akidah, peserta didik mengenal rukun iman, iman kepada Allah melalui nama-namanya yang agung (asmaulhusna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya. Pada elemen akhlak, peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru. Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam. Mereka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya
dan belajar menghargai pendapat yang berbeda. Peserta didik juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok serta memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain. Dalam elemen fikih, peserta didik dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat. Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani.Fase A Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Al-Qur’an dan Hadis |
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti menekankan kemampuan mengenal huruf hijaiah dan
harakatnya, huruf hijaiah bersambung, dan kemampuan membaca surah- surah pendek Al-Qur’an dengan baik. |
Akidah |
Peserta didik mengenal rukun iman kepada Allah
melalui nama-namanya yang agung (asmaulhusna) dan mengenal para
malaikat dan tugas yang diembannya. |
Akhlak |
Peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai
baik dalam kehidupan
sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama
manusia, terutama orang tua dan guru. Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi
dalam ajaran agama |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
Islam. Mereka mulai
mengenal norma yang
ada di lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar
menghargai pendapat yang berbeda. Peserta didik juga terbiasa melaksanakan tugas
kelompok serta memahami pentingnya mengenali
kekurangan diri dan kelebihan temannya demi
terwujudnya suasana saling
mendukung satu sama lain. |
Fikih |
Peserta didik mampu mengenal rukun
Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat
fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat. |
Sejarah Peradaban Islam |
Peserta didik mampu
menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani. |
2.
Fase B (Umumnya untuk kelas
III dan IV SD/MI/Program Paket A) Pada akhir Fase B, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan
pesan pokoknya dengan baik. Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban
salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Pada elemen akidah peserta didik memahami sifat-sifat
bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan
rasul Allah yang wajib diimani. Pada elemen akhlak, peserta didik menghormati dan berbakti kepada
orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapan-ungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.
Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt.
(sunnatullāh). Peserta didik mengenal
norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya
diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk
mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan. Pada elemen fikih, peserta didik
dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat sunah dengan baik, memahami
konsep balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf). Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan
kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga
diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.
Fase B berdasarkan elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Al-Qur’an dan Hadis |
Peserta
didik mampu membaca surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan
pokoknya dengan baik. Peserta didik mengenal hadis tentang kewajiban salat
dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam
kehidupan sehari- hari. |
Akidah |
Peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah,
beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah
yang wajib diimani. |
Akhlak |
Pada elemen
akhlak, peserta didik
menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan
ungkapan-ungkapan positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian. Peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah
Swt. (sunnatullāh). Peserta didik
mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih
luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi,
memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya
persatuan. |
Fikih |
Pada
elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat jumat dan salat
sunah dengan baik, memahami konsep balig dan
tanggung jawab yang
menyertainya (taklīf). |
Sejarah Peradaban Islam |
Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta
didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja
Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan
membangun Kota Madinah. |
3.
Fase C (Umumnya untuk kelas V
dan VI SD/MI/Program Paket A) Pada akhir Fase C, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik mampu membaca,
menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok
surah-surah pendek dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman dengan baik
dan benar. Pada elemen akidah, peserta didik dapat mengenal Allah melalui
asmaulhusna, memahami keniscayaan peritiwa hari akhir, qadāʾ dan qadr. Pada elemen akhlak, peserta didik mengenal dialog antar agama
dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tantangan yang bisa muncul dari
keragaman di Indonesia. Peserta didik memahami arti ideologi secara sederhana
dan pandangan hidup dan memahami pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman. Peserta didik juga memahami pentingnya
introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Peserta
didik
memahami pentingnya pendapat yang logis, menerima perbedaan pendapat, dan
menemukan titik kesamaan (kalimah sawā’) untuk mewujudkan
persatuan dan kerukunan. Peserta didik memahami peran manusia sebagai khalifah
Allah di bumi untuk menebarkan kasih sayang dan tidak membuat kerusakan di muka
bumi. Pada elemen fikih, peserta didik mampu memahami zakat, infak, sedekah dan
hadiah, memahami ketentuan haji, halal dan haram serta mempraktikkan puasa
sunnah. Pada elemen sejarah, peserta didik menghayati ibrah dari kisah Nabi
Muhammad saw. di masa separuh akhir kerasulannya serta kisah al-khulafā
al-rāsyidūn.
Fase
C Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Al-Qur’an dan Hadis |
Peserta
didik mampu membaca, menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok surah- surah pendek dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman
dengan baik dan benar. |
Akidah |
Peserta
didik dapat mengenal Allah melalui asmaulhusna, memahami keniscayaan peritiwa
hari akhir, qadāʾ dan qadr. |
Akhlak |
Peserta
didik mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan
tantangan yang bisa muncul dari keragaman di Indonesia. Peserta didik
memahami arti ideologi secara sederhana dan pandangan hidup dan memahami
pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman. Peserta didik juga memahami
pentingnya introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap
harinya. Peserta didik memahami pentingnya pendapat yang logis, menerima
perbedaan pendapat, dan menemukan titik kesamaan (kalimah sawāʾ) untuk mewujudkan persatuan dan kerukunan. Peserta didik
memahami peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi untuk menebarkan kasih
sayang dan tidak membuat kerusakan di muka bumi. |
Fikih |
Pada elemen fikih, peserta didik mampu memahami
zakat, infak, sedekah dan hadiah, memahami ketentuan haji, halal dan haram
serta mempraktikkan puasa sunnah. |
Sejarah Peradaban Islam |
Pada elemen
sejarah, peserta didik
menghayati ibrah dari kisah
Nabi Muhammad saw.
di masa separuh akhir
kerasulannya serta kisah al- khulafā al-rāsyidūn. |
4.
Fase
D (Umumnya untuk kelas VII, VII, dan IX SMP/MTs/ Program Paket B)
Pada
akhir
Fase
D, pada
elemen
Al-Qur’an Hadis
peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai
sumber
ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan
lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta
didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama.
Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual
besar Islam. Dalam elemen akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman.
Dalam elemen akhlak, peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai
bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami
pentingnya verifikasi (tabayyun)
informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta
didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-
ayat Al-Qur’an dan Hadis-Hadis Nabi. Peserta didik juga mulai mengenal dimensi
keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya. Dalam elemen
ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah
salat, memahami konsep mu‘āmalah, riba, rukhsah, serta mengenal
beberapa mazhab fikih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban. Dalam elemen sejarah, peserta
didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani
Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk
memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
No comments:
Post a Comment