Monday, August 21, 2017

Contoh RPP Al-Qur'an Hadits surat al-Alaq Madrasah Ibtidaiyah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Al-Qur’an Hadits.
Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtadaiyah.
Kelas / Semester          : I / II
Petemuan ke                : 2
Alokasi Waktu            : 35 menit.
I.          Standar Kompetensi :
Mampu melafakan dan menghafalkan surat-suarat tertentu dalam juz ‘amma dengan baik.
II.        Kemampuan Dasar / Kompetensi Dasar :
            Melafalkan dan Menuliskan surat al-Alaq.
III.       Indicator :
Ø Membaca surat al-Alaq.
Ø Melafalkan surat al-Alaq.
IV.       Materi Pokok :
            Surat al-Alaq.
            Uraian Materi pokok:
Ø Cara membaca suarat al-Alaq.
Ø Penulisan suarat al-Alaq.
V.        Strategi Pembelajaran :
v Kegiatan Awal :
Ø Guru membuka pelajaran dengan mengucapakan salam dan menunjuk salah satu siswa untuk memimpin do’a.
Ø Guru mengajak siswa untuk mengingat materi pertemuan kemarin deng menunjuk salah satu siswa untuk melafalkan surat an-nas.
Ø Guru menjelaskan pada siswa apa yang harus dicapai dalam pertemuan hari ini.


v Aspek Life skill yang dingikan :
Ø Kemampuan mengingat.
Ø Rasa tanggung jawab.
Ø Konsentrasi.
Ø Kemampuan memahami perintah.

v Kegiatan Inti :
Ø Guru melafalkan suarat al-Alaq.
Ø Guru mengajak para siswa untuk mengikuti bacaaannya.
Ø Guru menuliskan suarat al-Alaq di depan papan tulis.
Ø Guru memerintahkan kepada siswa untuk menulis suarat al-Alaq seperti yang ada di papan tulis.
Ø Guru memerintahkan kepada siswa untuk membaca bersamam-sama apa yang ditulis di papan tilis.
Ø Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

v Aspek Life skill yang diinginkan :
Ø Kemampuan bersuara diantara teman-temannya.
Ø Konsentrasi.
Ø Kemampuan mendengar dan menerima.
Ø Kemampuan menirukan.
Ø Kemampuan mehami perintah.

v Kegiatan Penutup / Akhir :
Ø Guru memberikan test lisan kepada siswa dengan cara menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat al-Alaq.
Ø Guru membaca sekali lagi sebelum menutup pelajaran suart al-Alaq.
Ø Guru menghimbau kepada siswa untuk berlatih membaca dan menghafalakan suarat al-Alaq. (di rumah).

v Aspek Life skill :
Ø Kemampuan menerima
Ø Kemampuan mengingat.
Ø Kemampuan memahami perintah guru.
Ø Kemampuan mendemgar.
VI.       Metode            : Ceramah , Pengusaan , Tanya jawab , Praktek.
VII.     Sumber / Alat  :
Ø Sumber : Al-Qur’an (juz ‘amma)
Ø Alat  : Papan tulis
    Kapur tulis.
    Buku tulis
    Pena / Pensil.
VIII.    Penilaian :
Ø Pengamatan : Sikap keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung.
Ø Penugasan   : Guru memberikan tugas untuk menghafalkan suarat al-Alaq di rumah
Ø Test Lisan    : Guru menunjuk siswa untuk melafalkan/membacakan suarat al-Alaq.


Mengetahui

Guru Pembimbing                                                                          Praktikan


(DR. Mahmud Arif)                                                                       (Rahmad F)
                                                                                                       






No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

  الطريقة   المادة الترتيب (أقوم أمام الباب قائلا)   إلقاء السّلام ...