RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits.
Satuan
Pendidikan : Madrasah Ibtadaiyah.
Kelas / Semester : I / II
Petemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 35 menit.
I. Standar Kompetensi :
Mampu
melafakan dan menghafalkan surat-suarat tertentu dalam juz ‘amma dengan baik.
II. Kemampuan Dasar / Kompetensi Dasar :
Melafalkan dan Menuliskan surat
al-Alaq.
III. Indicator :
Ø Membaca
surat al-Alaq.
Ø Melafalkan
surat al-Alaq.
IV. Materi Pokok :
Surat al-Alaq.
Uraian Materi pokok:
Ø Cara
membaca suarat al-Alaq.
Ø Penulisan
suarat al-Alaq.
V. Strategi Pembelajaran :
v Kegiatan
Awal :
Ø Guru
membuka pelajaran dengan mengucapakan salam dan menunjuk salah satu siswa untuk
memimpin do’a.
Ø Guru
mengajak siswa untuk mengingat materi pertemuan kemarin deng menunjuk salah
satu siswa untuk melafalkan surat an-nas.
Ø Guru
menjelaskan pada siswa apa yang harus dicapai dalam pertemuan hari ini.
v Aspek
Life skill yang dingikan :
Ø Kemampuan
mengingat.
Ø Rasa
tanggung jawab.
Ø Konsentrasi.
Ø Kemampuan
memahami perintah.
v Kegiatan
Inti :
Ø Guru
melafalkan suarat al-Alaq.
Ø Guru
mengajak para siswa untuk mengikuti bacaaannya.
Ø Guru
menuliskan suarat al-Alaq di depan papan tulis.
Ø Guru
memerintahkan kepada siswa untuk menulis suarat al-Alaq seperti yang ada di
papan tulis.
Ø Guru
memerintahkan kepada siswa untuk membaca bersamam-sama apa yang ditulis di
papan tilis.
Ø Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
v Aspek
Life skill yang diinginkan :
Ø Kemampuan
bersuara diantara teman-temannya.
Ø Konsentrasi.
Ø Kemampuan
mendengar dan menerima.
Ø Kemampuan
menirukan.
Ø Kemampuan
mehami perintah.
v Kegiatan
Penutup / Akhir :
Ø Guru
memberikan test lisan kepada siswa dengan cara menunjuk beberapa siswa untuk
membaca surat al-Alaq.
Ø Guru
membaca sekali lagi sebelum menutup pelajaran suart al-Alaq.
Ø Guru
menghimbau kepada siswa untuk berlatih membaca dan menghafalakan suarat
al-Alaq. (di rumah).
v Aspek
Life skill :
Ø Kemampuan
menerima
Ø Kemampuan
mengingat.
Ø Kemampuan
memahami perintah guru.
Ø Kemampuan
mendemgar.
VI. Metode :
Ceramah , Pengusaan , Tanya jawab , Praktek.
VII. Sumber / Alat :
Ø Sumber :
Al-Qur’an (juz ‘amma)
Ø Alat : Papan tulis
Kapur tulis.
Buku tulis
Pena / Pensil.
VIII. Penilaian :
Ø Pengamatan
: Sikap keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung.
Ø Penugasan : Guru memberikan tugas untuk menghafalkan
suarat al-Alaq di rumah
Ø Test
Lisan : Guru menunjuk siswa untuk
melafalkan/membacakan suarat al-Alaq.
Mengetahui
Guru
Pembimbing Praktikan
(DR.
Mahmud Arif) (Rahmad F)
No comments:
Post a Comment