RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : Madrasah
Tsanawiyah Wahid Hasyim
Mata Pelajaran : Al-Hadits
Pokok Bahasan : Hadits
Tentang Kebersihan
Kelas / Semester : VII /
Ganjil
Waktu : 30
menit
A.
Standar Kompetensi
Siswa
memiliki wawasan dan pemahaman tentang pentingnya kebersihan secara lahir
maupun batin.
B.
Kompetensi Dasar
Siswa
memahami tentang pentingnya kebersihan
secara lahir maupun batin dan mampu menyebutkan hadits tentang kebersihan.
C.
Indikator
1. Siswa mampu menyebutkan hadist tentang
kebersihan dengan baik dan benar.
2. Siswa mampu menguraikan tentang kebersihan
secara lahir dengan baik dan benar.
3. Siswa mampu menguraikan tentang kebersihan
secara batin dengan baik dan benar.
4. Siswa mampu menjelaskan contoh kebersihan
secara lahir dengan baik dan benar.
5. Siswa mampu menjelaskan contoh kebersihan
secara batin dengan baik dan benar.
D.
Materi Ajar
Hadits Riwayat Abu Malik Al Asy’ari tentang
kebersihan
الطهور الشطر
الإيمان, والحمد الله تملأ الميزان, وسبحان الله والحمدالله تملأن ما بين السماء
والأرض, والصلاة نور, والصدقة برهان, والصبر ضياء, والقرأن حجة لك او عليك كل
الناس يعدوا, فبائع نفسه, فمعتقها او مو بقها (رواه ابو ملك)
E.
Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran
Multahim, dkk. 2007. Agama Islam
Penuntun Akhlak. Jakarta: Yudisrita
Al Hasyimi, Syahid Ahmad.1995.Terjemah Mukhtarul Ahadis.Jakarta:Pustaka
Amani.
2. Media Pembelajaran
Kertas plano, alat tulis dan kertas warna.
F.
Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Intro / Pendahuluan
a. Guru bersama siswa memulai pelajaran
dengan membaca doa
b. Guru mengadakan appersepsi
c. Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai.
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan hadits tentang
kebersihan.
b. Guru menjelaskan kebersihan secara lahir
dan batin.
c. Guru meunjuk siswa untuk memberikan
contoh tentang kebaersihan secara lahir dan batin.
Penutup
|
1 menit
2 menit
2 menit
4 menit
3 menit
3 menit
1 menit
1 menit
10 menit
2 menit
1 menit
|
Interactive Lecturing
Demonstrasi
Lecturing
Interactive Lecturing
Lecturing
Interactive Lecturing
Strategi Kartu Berantai
Strategi Kartu Berantai
Strategi Kartu Berantai
Lecturing
Interactive Lecturing
|
|
Jumlah
|
30 menit
|
|
G.
Penilaian
1. Jenis :
Tes
2. Bentuk :
Uraian
3. Teknik :
Lisan
Pertanyaan :
1. Sebutkan manfaat kebersihan secara lahir
bagi kehidupan kita ?
2. Berikan
contoh hidup bersih secara lahir maupun batin ?
Kunci Jawaban :
1. Manfaat kebersihan bagi kehidupan kiita
antara lain :
a. Menjaga diri kita dari penyakit
b. Menjaga hubungan baik dalam pergaulan
sesama manusia dan menghindarkan diri dari ketidaksenangan oranng lain yang
disebabkan oleh keadaan diri kit yanng tidak bersih.
c. Meningkatkan kewibawaan dan harga diri
seseorang dan menghindarkan diri dari kehinaan.
2.
Contoh Hidup Bersih secara lahir yaitu :
a. Membuang sampah pada tempatnya
b. Tidak meludah sembarang tempat
c. Tidak mencoret-coret kamar mandi
Contoh Hidup Bersih secara Batin yaitu
:
a. Selalu berprasangka baik dan menghindarkan
diri dari penyakit hati
b. Selalu menunaikan ibadah untuk
meningkatkan keimanan
c. Menghindarkan diri dari perbuatan tercela.
Yogyakarta,
14 Desember 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Pengampu
Anna Althafunnisa’, M.Ag. Rahmad F
NIP.08822444 NIP.08822333
No comments:
Post a Comment