Kumpulan Makalah Pendidikan Agama Islam, Makalah Pendidikan dan pelajaran ISMUBA Muhammadiyah
Monday, August 21, 2017
RPP Al Qur’an surat Al Baqoroh 204-206
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Alokasi Waktu : 7 x 40
Standar Kompetensi : Mampu mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan memahami kewajiban mensyukurinya menerapkan ajaran AlQur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq.
Kompetensi Dasar : Kemampuan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq orang-orang menurut Alqur’an.
Tujuan Pembelajaran : Siswa mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq dan menjauhinya.
I. Indikator
· Membaca AlQur’an surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11 dengan tartil.
· Menerjemahkan arti dan mufrodat surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11 dengan baik.
· Menguraikan tafsir surat 204-206 dan 8-11 dengan pemahaman yang benar.
· Mengambil hukum dan hikmah dari surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11.
· Mengidentifikasi dampak perbuatan orang-orang munafiq.
· Menjelaskan dampak perbuatan orang-orang munafiq.
II. Materi ajar : Al Qur’an surat Al Baqoroh 204-206 dan 8-11.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan studi pustaka.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
a. Kegiatan awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat al baqoroh 204-206 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
- Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
- Guru menerjemahkan surat Al Baqoroh 204-206 perkata.
- Guru menerjemahkan makna surat Al Baqoroh 204-206.
- Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir surat Al Baqoroh 204-206 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Al Baqoroh 204-206 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi
- Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan menjawab salam.
Pertemuan kedua
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas.
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
b. Kegiatan Inti
- Murid membentuk kelompok diskusi.
- Guru menyampaikan topik diskusi.
- Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a.
Pertemuan ketiga
a. Kegiatan Awal
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
b. Kegiatan Inti
Siswa mengali informasi tentang tafsir surat Al Baqoroh 204-206 untuk mengidentifikasi sifat-sifat orang-orang munafiq lewat studi pustaka.
Pertemuan keempat
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
- Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Baqoroh 8-11.
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Baqoroh dengan tartil.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
- Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil.
- Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh perkata.
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya.
- Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh 8-11.
- Siswa membaca uraian tafsir surat Al Baqoroh berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Al Baqoroh 8-11 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
Pertemuan kelima
a. Kegiatan Awal
- Persiapan diskusi
- Pembagian tugas untuk membahas materi
- Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b. Kegiatan Inti
- Diskusi kelompok untuk membahas materi
c. Kegiatan Akhir
- Siswa menyusun hasil diskusi
- Siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan keenam
a. Kegiatan Awal
- Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b. Kegiatan Inti
- Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Al Baqoroh 8-11 tentang ciri-ciri orang-orang munafiq dan bahaya yang ditimbulkan olehnya lewat studi pustaka.
c. Kegiatan Akhir
- Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan ketujuh : Penugasan
V. Alat / Bahan / Sumber belajar : Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan.
VI. Penilaian : 1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Sigit Rahardja, S.Si _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / I
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Alokasi Waktu : 7 x 40
Standar Kompetensi : Mampu membuktikan kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW, menguraikan tanda-tanda kekuasaan Allah dan memahami tujuan penciptaan jin dan manusia.
Kompetensi Dasar : Kemampuan menggunakan Al Qur’an sebagai sumber nilai dan pemikiran tentang kebesaran dan kekuasaan Allah.
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengungkapkan dalil-dalil tentang kebesaran dan kekuasaan Allah.
I. Indikator
· Membaca Al Qur’an surat Nahl 63-66 surat Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74 dengan tartil dan fasih.
· Menterjemahkan arti mufrodat Al Qur’an surat Nahl 63-66, surat Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74 dengan benar.
· Menguraikan tafsir surat Nahl 63-66, surat Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74 dengan pemahaman yang benar.
· Mengambil pelajaran, hukum dan hikmah yang terkandung di dalam surat Nahl 63-66 Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74.
II. Materi Ajar : Surat Nahl 63-66, Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan studi pustaka, diskusi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas.
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran.
- Guru mengabsen siswa.
- Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Nahl 63-66, Nahl 67-70 dan Al Waqiyah 58-74.
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Nahl 63-66 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara kasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
- Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
- Guru menerjemahkan surat Nahl 63-66 perkata.
- Guru menerjemahkan makna surat Nahl 63-66
- Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir surat Nahl 63-66 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Nahl 63-66 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi
- Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan menjawab salam.
Pertemuan kedua
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas.
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
b. Kegiatan Inti
- Murid membentuk kelompok diskusi.
- Guru menyampaikan topik diskusi.
- Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a.
Pertemuan ketiga
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
- Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Nahl 67-70.
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Nahl 67-70 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang keliru dalam melafalkannya.
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
- Siswa menerjemahkan surat Nahl 67-70 perkata.
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya.
- Siswa menerjemahkan surat Nahl 67-70
- Siswa membaca uraian tafsir surat Nahl 67-70 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Nahl 67-70 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan keempat
a. Kegiatan Awal
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
- Guru mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti
Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Nahl 67-70 sebagai bukti kebesaran tanda-tanda kekuasaan Allah lewat studi pustaka.
c. Kegiatan Akhir
- Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a.
Pertemuan kelima
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
- Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Waqiyah 58-74.
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Waqiyah 58-74 dengan tartil.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
- Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil.
- Siswa menerjemahkan surat Al Waqiyah 58-74 perkata.
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya.
- Siswa menerjemahkan surat Al Waqiyah 58-74.
- Siswa membaca uraian tafsir surat Al Waqiyah 58-74 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Al Waqiyah 58-74 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
Pertemuan keenam
a. Kegiatan Awal
- Persiapan diskusi
- Pembagian tugas untuk membahas materi
- Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b. Kegiatan Inti
- Diskusi kelompok untuk membahas materi
c. Kegiatan Akhir
- Siswa menyusun hasil diskusi
- Siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan ketujuh
a. Kegiatan Awal
- Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b. Kegiatan Inti
- Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Al Waqiyah untuk menguraikan tanda-tanda kekuasaan Allah lewat studi pustaka.
c. Kegiatan Akhir
- Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
VII. Alat / Bahan / Sumber belajar : Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan.
VIII. Penilaian : 1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Sigit Rahardja, S.Si ________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / I
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Alokasi Waktu : 8 x 40
Standar Kompetensi : Mampu membuktikan kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW, menguraikan tanda-tanda kekuasaan Allah dan memahami tujuan penciptaan jin dan manusia.
Kompetensi Dasar : Kemampuan membuktikan kebesaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW berdasarkan ayat-ayat Al Qur’an
Tujuan Pembelajaran : Siswa meyakini kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW.
I. Indikator
· Membaca Al Qur’an surat Yunus 37-39 surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am 114-117 dengan tartil dan fasih.
· Menterjemahkan arti mufrodat Al Qur’an surat Yunus 37-39, surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am 114-117.
· Menguraikan tafsir surat Yunus 37-39, surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am 114-117 dengan pemahaman yang benar.
· Mengambil pelajaran, hukum dan hikmah yang terkandung di dalam surat Yunus 37-39, surat Al Haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am 114-117.
II. Materi Ajar : Surat Yunus 37-39, Al haqqah 38-52, Al Baqoroh 23-24 dan Al An’am 114-117.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan studi pustaka.
IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
- Guru mengemukakan tujuan pembelajaran surat Yunus 37-39.
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacan Al Qur’an surat Yunus dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
- Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Guru menerjemahkan surat Yunus 37-39 perkata.
- Guru menerjemahkan makna surat Yunus 37-39.
- Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir surat Yunus 37-39 berdasarkan buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak di ketahui.
- Guru menguraikan tafsir surat Yunus 37-39 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi
- Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas.
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
b. Kegiatan Inti
- Murid membentuk kelompok diskusi.
- Guru menyampaikan topik diskusi.
- Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing.
d. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a.
Pertemuan ketiga
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
- Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Haqqah 38-52.
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Haqqah 38-52 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang keliru dalam melafalkannya.
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
- Siswa menerjemahkan surat Al Haqqah 38-52 perkata.
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya.
- Siswa menerjemahkan surat Al Haqqah 38-52
- Siswa membaca uraian tafsir surat Al Haqqah 38-52 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Al Haqqah 38-52 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan keempat
a. Kegiatan Awal
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
- Guru mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti
- Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Al Haqqah 38-52 sebagai bukti kebenaran tanda-tanda kekuasaan Allah lewat studi pustaka.
c. Kegiatan Akhir
- Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a.
Pertemuan kelima
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
- Guru mengabsen siswa.
- Guru megemukakan tujuan pembelajaran surat Al Baqoroh 23-24
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al Baqoroh 23-24 dengan tartil.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
- Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil.
- Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh 23-24 perkata.
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya.
- Siswa menerjemahkan surat Al Baqoroh 23-24
- Siswa membaca uraian tafsir surat Al Baqoroh 23-24 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Al Baqoroh 23-24 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi.
- Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
Pertemuan keenam
a. Kegiatan Awal
- Persiapan diskusi
- Pembagian tugas untuk membahas materi
- Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b. Kegiatan Inti
- Diskusi kelompok
c. Kegiatan Akhir
- Siswa menyusun hasil diskusi
- Siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan ketujuh
a. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a
- Guru mengabsen siswa
- Guru mengemukakan tujuan pembelajaran surat Al An’am 114-117.
b.Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an surat Al An’am 114-117 dengan tartil.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
- Salah satu siswa mendemontrasikan bacaan dengan tartil.
- Siswa menerjemahkan surat Al An’am 114-117 perkata.
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya.
- Siswa menerjemahkan surat Al An’am 114-117
- Siswa membaca uraian tafsir surat Al An’am 114-117 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui.
- Guru meguraikan tafsir surat Al An’am 114-117 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan kedelapan
a. Kegiatan Awal
- Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b. Kegiatan Inti
- Siswa mengali informasi tentang tafsir surat Al An’am 114-117 sebagai bukti kebenaran Al Qur’an dan keabsahan kenabian Muhammad SAW lewat studi pustaka.
c. Kegiatan Akhir
- Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya.
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
V. Alat / Bahan / Sumber belajar : Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan.
VI. Penilaian : 1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Sigit Rahardja, S.Si ________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Alokasi Waktu : 8 x 40
Standar Kompetensi : Mampu mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan memahami kewajiban mensyukurinya, menerapkan ajaran Al Qur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq.
Kompeatensi Dasar : Kemampuan memahami ajaran Al Qur’an tentang pemanfaatan karunia Allah.
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu menjelaskan ayat Al Qur’an tentang pendayagunaan karunia Allah.
1. Indikator
· Membaca Al Qur’an Surat Al Furqon 45 – 49. Al Baqoroh 26 – 27 dan Al An’am 141 – 144.
· Menerjemahkan arti mufrodat Surat Al Furqon 45 – 49, Al Baqoroh 26 – 27 dan Al an’ am141 -144
· Menguraikan tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 Al Baqoroh 26 – 27 dan Al an’ am141 -144.
· Menyimpulkan kandungan Surat Al Furqon 45 – 49. Al Baqoroh 26 – 27 dan Al An’am 141 – 144.
II. Materi ajar : Surat Al Furqon 45 – 49. Al Baqoroh 26 – 27 dan Al An’am
141 – 144.
III.Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab , diskusi dan studi pustaka.
IV. Langkah – langkah pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
- Guru dan siswa mengabsen siswa
- Guru mengemukakan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an Al Furqon 45 – 49 makhroj yang baik dan benar.
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakana oleah Guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalakanya
- Guru menganjurakan siswa untuk terus melafalakan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
- Guru menerjemahkan Surat Al Furqon 45 – 49 perkata.
- Guru menerjemahkan makna Surat Al Furqon 45 – 49.
- Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 berdasar buku Aisaut Tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjealaskan kata yang tidak diketahui.
- Guru menguraikan tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
C. Kegiatan Akhir
- Guru menyimpulkan materi
- Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
- Guru menutup , mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke dua
a. Kegiatan awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
- Guru mengabsen siswa
Pertemuan ke Tiga
a. Kegiatan awal
- Guru dan Siswa membaca do’a sebelum belajar
- Guru mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti
- Siswa menggali Imformasi tentang tafsir Surat Al Furqon 45 – 49 sebagai bukti kebesaran tanda – tanda kekuasaan dan karunia Allah terhadap hamba yang harusd dimanfaatkan sebaik-baiknya lewat studi pustaka.
c. Kegiatan Akhir
- Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan ke empat
a. Kegiatan awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
- Guru mengabsen siswa
- Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Al Baqoroh 26 -27.
b.Kegiatan Inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an Surat Al Baqoroh 26 -27 dengan tartil
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakana oleah Guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalakanya
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
- Siswa menerjemahkan Surat Al Baqoroh 26 -27 perkata
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya
- Siswa menerjemahkan Surat Al Baqoroh 26 -27
- Siswa membaca uraian tafsir Surat Al Baqoroh 26 -27 berdasar buku Aisarut Tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjealaskan kata yang tidak diketahui.
- Guru menguraikan tafsir Surat Al Baqoroh 26 -27 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c. Kegiatan akhir
- Guru menyimpulkan materi
- Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
- Guru menutup , mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas
Pertemuan ke lima
a. Kegiatan Awal
- Persiapan diskusi
- Pembagian tugas untuk membahas materi
- Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b. Kegiatan Inti
- Diskusi kelompok untuk membahas materi
c. Kegiatan akhir
- Siswa menyusun hasil diskusi
- Siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan ke Enam
a. Kegiatan awal
- Guru mengkondisikan kelas
- Guru dan siswa membaca do’a.
- Guru mengabsen siswa.
b. Kegiatan inti
- Guru melafalkan bacaan Al Qur’an Surat Al An ‘am 141 -144 dengan tartil
- Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakana oleah Guru secara klasikal.
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalakanya
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan tartil.
- Siswa menerjemahkan Surat Al An ‘am 141 -144
- Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan apabila siswa keliru dalam melafalkannya
- Salah seorang siswa mendemontrasikan bacaan Al Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar
- Siswa menerjemahkan Surat Al An ‘am 141 -144 perkata
- Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya.
- Siswa menerjemahkan Surat Al An ‘am 141 -144
- Siswa membaca uraian tafsir Surat Al An ‘am 141 -144 berdasar buku Aisarut Tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
- Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjealaskan kata yang tidak diketahui.
- Guru menguraikan tafsir Surat Al Baqoroh 26 -27 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
d. Kegiatan akhir
- Guru menyimpulkan materi
- Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
- Guru menutup , mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas
Pertemuan ke tujuh
a. Kegiatan awal
- Persiapan diskusi
- Pembagian tugas untuk membahas materi
- Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b. Kegiatan inti
- Diskusi kelompok untuk membahas materi
c.Kegiatan akhir
- Siswa menyusun hasil diskusi
- Siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Guru menutup pelajaran dengan doa
Pertemuan ke delapan
a. Kegiatan awal
- Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b. Kegiatan inti
- Siswa mengali informasi te3ntang tafsir Al An’am 141 -144 untuk menganalisis kandungan didalamnya lewat studi pustaka.
c. Kegiatan akhir
- Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan dan hasil studi pustakanya
- Guru menutup pelajaran dengan doa
-
V. Alat / Bahan / Sumber belajar : Al Qur’an, kurikulum kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan.
VI. Penilaian : 1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Sigit Rahardja, S.Si ________________
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Post Terbaru
الطريقة المادة الترتيب (أقوم أمام الباب قائلا) إلقاء السّلام ...
-
Penulis: Rahmad Fitriyanto BAB I PENDAHULUAN Banyak ayat Al-Qur’an dan Hadis-hadis Nabi yang mengisyaratkan tentang ba...
-
Oleh : Rahmad Fitriyanto BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia aka...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta Mata Pelajaran : Al- Qu...
No comments:
Post a Comment