RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
NO.7/IX / 2007)
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum
Kelas / Semester : 2 / II
Mata Pelajaran : Fiqih
Materi Pokok : Berwudhu
Alokasi Waktu : 2 x 35
A. Standar
Kompetensi :
- Siswa mampu berwudhu
B. Kompetensi
Dasar :
- Siswa mampu berwudhu dengan benar
C. Indicator :
1. Siswa mampu melafalkan niat wudhu
2. Siswa mampu mengenal tatacara bewudhu
3. Siswa mampu mempraktekkan cara berwudhu
4. Siswa mampu berdo’a sesudah wudhu
5. Siswa mampu menghafalkan do’a
sesudah wudhu
D. Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa hafal niat dan do’a sesudah wudhu
- Siswa mampu berwudhu dengan benar
E. Kegiatan dan
Strategi Pembelajaran
N
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Kegitan Awal
Ø Salam
Pembuka
Ø Bedo’a
bersama membaca basmalah
Ø Absensi
Ø Mengingat
pelajaran minggu lalu
|
15 Menit
|
Tanya jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
Ø Guru
menjelaskan pengertian wudhu
Ø Guru
menjelaskan kegunaan wudhu
Ø Guru
membacakan niat dan do’a sesudah wudhu
Ø Guru
menjelaskan cara-cara berwudhu
Ø Guru
menjelaskan urutan-urutan berwudhu
Ø Guru
mempraktekkan cara-cara berwudhu
Ø Guru
meminta siswa untuk mempraktekkan wudhu
|
40 menit
|
Ceramah
Ceramah
Ceramah
Ceramah
Ceramah
Praktek
Praktek
|
3
|
Kegiatan Akhir
Ø Guru
menyuruh siswa untuk membaca niat dan do’a sesudah wudhu
Ø Guru
meminta siswa untuk menyebutkan urutan berwudhu
Ø Guru
mengakhiri / menutup pelajaran dengan membaca do’a hamdalah
|
15 menit
|
Tamya jawab
|
G. Sumber
Belajar / bahan
- Zainuddin,
Al-Islam 1 CV Pustaka Setia ; Bandung
- Sulaiman
Rasyid, Fiqih Islam Atthahiriyah ; Jakarta
H. Penilaian :
a. Jenis
tagihan : Ulangan harian
b. Tehnik : Tes lisan
c. Bentuk
Instrument : Uraian
d. Tugas : Menghafal niat dan
do’a sesudah wudhu,
Mempraktekkan
wudhu
Kuswara,
21 April 2008
Mengetahui
Kepala sekolah Guru
Foqih
( ) ( )
NIP NIP
No comments:
Post a Comment