Monday, August 21, 2017

RPP Al isro 29-33 dan Al Imron 180

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah         : MA  PPMI ASSALAM
Kelas / Semester      : XI / 1
Mata Pelajaran        : Qur’an Hadist

Alokasi Waktu         : 7 x 40


Standar Kompetensi : Mampu memahami dan menghayati kandunghan Al Qur’an yang baerkaitan denganlarangan berbuat kerusakan dimuka bumi dan baerlaku isrof ( berlerbih-lebihan) serta meninggalkan segala apa yang Allah haramkan

Kompetensi Dasar      :Sisawa mampu mengidentifikasi perkara-perkara yang Allah haramkan berdasar Al Qur’an

Tujuan Pembelajaran : Menjauhi perkara-perkara yang Allah haramkan

I.         Indikator

·         Membaca Al-Qur’an Surat Al isro 29-33 dan Al Imron 180  dengan tartil.
·         Menerjemahkan arti mufrodat surat Al isro 29-33 dan Al Imron 180
·         Menguraikan tafsir Surat Al isro 29-33 dan Al Imron 180  dengan pemahaman yang benar.
·         Menyimpulkan kandungan Al isro 29-33 dan Al Imron 180

II.   Materi ajar                        : Al isro 29-33 dan Al Imron 180

II.      Metode Pembelajaran      : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan studi pustaka




III.   Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Al isro 29-31
b.       Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al isro 29-31dengan tajwid makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan ya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
-Salah seorang siswa mendemonstrasikan bacaan Al-Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
-Guru menerjemahkan Surat Al isro 29-31 perkata
-Guru menerjemahkan makna Surat Al isro 29-31
-Guru memerintahkan salah satu untuk membaca uraian tafsir Surat Al isro 29-31 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
-Guru menguraikan tafsir Surat Al isro 29-31dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c.        Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
-Guru menutup mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

Pertemuan kedua
a.     Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
-Guru mengabsen siswa
b.    Kegiatan inti
-Murid membentuk kelompok diskusi
-Guru menyampaikan topik diskusi
-Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing
c.     Kegiatan akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke tiga
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Al isro 32-33
b.      Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al isro 32-33 dengan tajwid makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Siswa menerjemahkan Surat Al isro 32-33 perkata
-Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya 
-Siswa menerjemahkan Surat Al isro 32-33
-Siswa  membaca uraian tafsir Surat Al isro 32-33 berdasar buku Aisaut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
-Guru menguraikan tafsir Surat Al isro 32-33 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c.       Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru menutup mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

Pertemuan ke empat
a.    Kegiatan awal
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
-Guru mengabsen siswa
b.    Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Surat Al isro 32-33 unjtuk mengidentifikasi perkara –perkara yang Allah haramkan lewat studi pustaka
c.    Kegiatan akhir
-Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke lima
a.  Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
-Guru mengabsen siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Al Imron 180

b.  Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al Imron 180 dengan tartil
-Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Salah satu sisawa menmdemonstrasikan bacaan dengan tartil
-Siswa menerjemahkan Surat Al Imron 180 perkata
-Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya 
-Siswa menerjemahkan Surat Al Imron 180
-Siswa  membaca uraian tafsir Surat Al Imron 180 berdasar buku Aisaut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
-Guru menguraikan tafsir Surat Al isro 32-33 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c.  Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru menutup mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

Pertemuan ke enam
a.   Kegiatan awal
-Persiapan diskusi
-Pembagian atugas untuk membahaas materi
-Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b.      Kegiatan Inti
-Diskusi kelompok untuk maembahas materi
c.       Kegiatan akhir
-Siswa meanyusun hasil diskusi
-Siswa menyimpulkan hasil diskusi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke tujuh
a.       Kegiatan awal
-Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Surat Al Imron 180 tentang keharaman perbuatan kikir dan bakhil lewat  studi pustaka
c.       Kegiatan akhir
-Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

V.    Alat / bahan / sumber belajar  : Al-Qur’an, kurikulum, kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan
VI.             Penilaian                      : 1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok 


  Sukoharjo, 01 Juni  2007
Mengetahui

Kepala Sekolah                                                              Guru Mapel


Sigit Rahardja, S.Si
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah         : MA  PPMI ASSALAM
Kelas / Semester      : XI / 2
Mata Pelajaran        : Qur’an Hadist

Alokasi Waktu         : 7 x 40


Standar Kompetensi : Mampu memahami dan mendeskripsikan sifat-sifat muttaqin, mengidentifikasikan Iman dan amal sholeh serta anjuran untuk melakukan amar ma’ruf dan nahi mungkar

Kompetensi Dasar        :   Mengidentifikasikan Iman dan amal sholeh

Tujuan Pembelajaran :  Siswa mampu menjelaskan balasan orang –orang yang beriman dan beramal sholeh

I.         Indikator
·         Membaca Al-Qur’an Surat An –Nahl  94-97 dan Al Imron 92  dengan tartil.
·         Menerjemahkan arti mufrodat surat An –Nahl  94-97 dan Al Imron 92
·         Menguraikan tafsir Surat An –Nahl  94-97 dan Al Imron 92  dengan pemahaman yang benar.
·         Menyimpulkan kandungan An –Nahl  94-97 dan Al Imron 92
·         Menjelaskan kedudukan dan fungsi iman dan amal sholeh

II.  Materi ajar                         : An –Nahl  94-97 dan Al Imron 92

III. Metode Pembelajaran       : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan studi pustaka


IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran An –Nahl  94-97
b.      Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat An –Nahl  94-97 dengan tajwid makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan ya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
-Salah seorang siswa mendemonstrasikan bacaan Al-Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
-Guru menerjemahkan Surat An –Nahl  94-97 perkata
-Guru menerjemahkan makna Surat An –Nahl  94-97
-Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir Surat An –Nahl  94-97 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
-Guru menguraikan tafsir Surat An –Nahl  94-97 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c.  Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
-Guru menutup mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

Pertemuan kedua
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
-Guru mengabsen siswa
b.      Kegiatan inti
-Guru menjelaskan tafsir surat An –Nahl  94-97 ( lanjutan )
c.       Kegiatan akhir
-Guru menyimpulkan materi pelajaran
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke tiga
a.     Kegiatan awal
-Guru memberaikan apersepsi dan motivasi
-Guru menyampaikan topik diskusi
b.    Kegiatan Inti
-Murid membentuk kelompok diskusi
-Gurur menyampaikan topik diskusi
-Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing
c.     Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke empat
a.       Kegiatan awal
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
-Guru mengabsen siswa
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Surat An-Nahl 94 – 97 tentang pahala bagiu orang-orang yang beriman dan beramal sholeh pustaka
c.    Kegiatan akhir
-Salah satu siswa menyimpulkan materi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke lima
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Al Imron 92
b.      Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al Imron 92
dengan tartil
-Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Salah satu siswa maendemonstrasikan bacaan daengan tartil
-Siswa menerjemahkan Surat Al Imron 92 perkata
-Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya  
-Siswa menerjemahkan Surat Al Imron 92
-Siswa  membaca uraian tafsir Surat Al Imron 92 berdasar buku Aisaut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
-Guru menguraikan tafsir Surat Al Imron 92 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c.       Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru menutup mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

Pertemuan ke enam
a.   Kegiatan awal
-Persiapan diskusi
-Pembagian atugas untuk membahaas materi
-Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b.    Kegiatan Inti
-Diskusi kelompok untuk maembahas materi
c.     Kegiatan akhir
-Siswa meanyusun hasil diskusi
-Siswa menyimpulkan hasil diskusi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke tujuh
a.       Kegiatan awal
-Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Surat Al Imron 180 tentang keharaman perbuatan kikir dan bakhil lewat  studi pustaka
c.    Kegiatan akhir
-Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya
-Guru menutup pelajaran dengan do’a




V.     Alat / bahan / sumber belajar  : Al-Qur’an, kurikulum, kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan
VI.             Penilaian                      : 1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok 


  Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui

Kepala Sekolah                                                              Guru Mapel



Sigit Rahardja, S.Si


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah         : MA  PPMI ASSALAM
Kelas / Semester      : XI / 2
Mata Pelajaran        : Qur’an Hadist

Alokasi Waktu         : 8 x 40


Standar Kompetensi : Mampu memahami dan mendeskripsikan sifat-sifat muttaqin , mengidentifikasikan Iman dan amal sholeh serta anjuran untuk melakukan amar ma’ruf dan nahi mungkar

Kompetensi Dasar        :   Memahami dan mendiskripsikan sifat-sifat muttaqin

Tujuan Pembelajaran   :    Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda orang yang
bertaqwa

I.         Indikator
·         Membaca Al-Qur’an Surat Al Baqoroh 177 dan 2-5   dengan tartil.
·         Menerjemahkan arti mufrodat Surat Al Baqoroh 177 dan 2-5
·         Menguraikan tafsir Surat Al Baqoroh 177 dan 2-5   dengan pemahaman yang benar.
·         Menyimpulkan kandungan Surat Al Baqoroh 177 dan 2-5
·         Mengidentifikasikan kedudukan, fungsi dan tujuan taqwa
·         Menjelaskan sifat-sifat muttaqin

II.  Materi ajar                         : Al Baqoroh 177 dan 2-5

III. Metode Pembelajaran       : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan studi pustaka


IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Al Baqoroh 177
b.   Kegiatan inti
-       Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al Baqoroh 177 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan ya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Guru menganjurkan siswa untuk terus melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar.
-Salah seorang siswa mendemonstrasikan bacaan Al-Qur’an dengan makhroj dan tajwid dengan baik dan benar.
-       Guru menerjemahkan Surat Al Baqoroh 177 perkata
-       Guru menerjemahkan makna Surat Al Baqoroh 177
-       Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir Surat Al Baqoroh 177 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
-       Guru menguraikan tafsir Surat Al Baqoroh 177 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c.  Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
-Guru menutup mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

Pertemuan kedua
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
-Guru mengabsen siswa
b.      Kegiatan inti
-       Guru menjelaskan tafsir surat Al Baqoroh 177 ( lanjutan )
c.       Kegiatan akhir
-       Tanya jawab
-       Guru menyimpulkan pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke tiga
a.       Kegiatan awal
-       Guru memberikan apersepsi pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan Inti
-Murid membentuk kelompok diskusi
-Gurur menyampaikan topik diskusi
-Guru menunjuk siswa secara bergantian berdasar kelompok untuk mempresentasikan tugas masing-masing
c.  Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke empat
a.       Kegiatan awal
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
-Guru mengabsen siswa

b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Surat Al Baqoroh 177
-Mengenai identifiikasoi sifat-sifat orang-orang yang bertaqwa lewat studi pustaka
c.    Kegiatan akhir
-Salah satu siswa menyimpulkan materi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke lima
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Al Baqoroh 2-5
b.      Kegiatan inti
-       Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al Baqoroh 2-5 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al-Qur’an yang dibacakan oleh guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Salah satu siswa maendemonstrasikan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menerjemahkan Surat Al Baqoroh 2-5 perkata
-Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak tahu artinya 
-Siswa menerjemahkan Surat Al Baqoroh 2-5
-Siswa  membaca uraian tafsir Surat Al Baqoroh 2-5berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya.
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan kata yang tidak diketahui.
-Guru menguraikan tafsir Surat Al Baqoroh 2-5 dengan dukungan sumber tafsir lainnya.
c.       Kegiatan Akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru menutup mengakhiri pelajaran dengan membaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam

Pertemuan ke enam
a.       Kegiatan awal
-Guru memberikan apersepsi dan motivasi 
b.      Kegiatan Inti
-Guru menjelaskan tafsir surat Al Baqoroh 2-5 (lanjutan)
c.       Kegiatan Akhir
-Tanya jawab
-Guru menyimpulkan pelajaran
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke tujuh
a.      Kegiatan awal
-Persiapan diskusi
-Pembagian tugas untuk membahaas materi
-Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
b.    Kegiatan Inti
-Diskusi kelompok untuk membahas materi
c.     Kegiatan akhir
-Siswa menyusun hasil diskusi
-Siswa menyimpulkan hasil diskusi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a


Pertemuan ke delapan
a.       Kegiatan awal
-Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Surat Al Baqoroh 2-5 mengenai kedudukan orang-orang yang bertaqwa lewat studi pustaka
c.       Kegiatan akhir
-Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

V.     Alat / bahan / sumber belajar  : Al-Qur’an, kurikulum, kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan

VI.             Penilaian                      : 1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok 


  Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui

Kepala Sekolah                                                              Guru Mapel


Sigit Rahardja, S.Si

                                                                               






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : MA  PPMI ASSALAM

Kelas / Semester        : X I/ 1

Mata Pelajaran          : Qur’an Hadist
Alokasi Waktu          : 7 x 40
Standar Kompetensi    : Mampu memahami dan mengahayti kandungan Al Qur’an yang berkaitan deengan larangan berbuiat kerusakan dimuka bumi dan berlaku israf  ( berlebih – lebihan ) serta meninggalkan segala apa yang Allah  haramkan.

Kompetensi Dasar    : Menjelaskan akibat atindakan berbuat kerusakan dimuka   bumi 

Tujuan Pembelajaran:  Menjauhi larangan Allah untuk berbuat kerusakan dimuka bumi

I.   Indikator
·         Membaca Al-Qur’an Surat Al A’rof 55-56 dan Rum 41 – 45 dengan tartil.
·         Menerjemahkan arti mufrodat Surat Al A’rof 55-56 dan Rum 41 – 45 Menguraikan tafsir Surat Al A’rof 55-56 dan Rum 41 – 45 dengan pemahaman yang benar.
·         Menyimpulkan kandungan Surat Al A’rof 55-56 dan Rum 41 – 45
·         Menjelaskan sebab dan akibat terjadi berbagai kaerusakan di muka bumi


II.  Materi ajar                         : Surat Al A’rof 55-56 dan Rum 41 – 45

III. Metode Pembelajaran       : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan studi pustaka


IV. Langkah – langkah Pembelajaran :
Pertemuan pertama
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Al A’rof 55-56
b.    Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al A’rof 55-56 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan olaeh \Guru secara klasikal 
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Guru mengannjurkan sisawa unatuk taerus melafalkan bacaan Al Qur’an  dengan tajwid dasn makhroj yang baik dan benar
-Guru menerjemahkan Surat Al  A’rof 55 – 56 perkata
-Guru menerjemahkan  makna Surat Al  A’rof 55 – 56
-Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uarian tafsir Surat Al  A’rof 55 – 56 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam  membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui
-Guru menguraikan tafsir surat Al  A’rof 55 – 56 dengan dukungan sumber tafsir lainnya 
c.      Kegiatan akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
-Guru mernutup mengakhiari paelajaran dengan meambaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa maenjawab salam
Pertemuan kedua
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru menyampaikan bahan diskusi mengenbai pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan inti
-Murid membentuk kelompok diskusi
-Murid berdiskusi dibawah bimbingan Guru 
c.       Kegiatan akhir
-Murid menyampaikan hasil diskusi 
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ketiga
a.       Kegiatan awal
-Guru dan siswa membaca do’a sesbelum belajar
-Guru mengabsen siswa
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Al  A’rof 55 – 56  bersyukur tentang keharaman berbuat kerusakan di muka bumi leawat studi pustaka
c.       Kegiatan akhir
-Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke empat
a.     Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Rum 41 - 45
b.         Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Rum 41 – 45 dengan tartil
-Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh Guru secara klasiksal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Salah satu siswa mendemonstrasikan bacaan dengan tartil
-Siswa menerjemahkan Surat Rum 41 – 45 perkata
-Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya
-Siswa menerjemahkan  Surat Rum 41 – 45
-Siswa membaca uraian tafsir Surat  Rum 41 – 45 berdasar buku Aisarut tafasur sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui
-Guru menguraikan tafsir surat Rum 41 – 45 dengan dukungan sumber tafsir lainnya 
c.         Kegiatan akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
-Guru menutup mengakhiari paelajaran dengan meambaca do’a

Pertemuan ke lima
a.  Kegiatan awal
-Persiapan diskusi
-Pembagian tugas untuk membahas materi
-Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
      b.   Kegiatan inti
-Diskusi kelompok untuk membahas materi


      c.   Kegiatan akhir
-Siswa menyusun hasil diskusi
-Siswa menyimpulkan hasil diskusi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a
Pertemuan keenam
a.       Kegiatan awal
-Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Rum 41 – 45 tentang tearjadinya kerusakan dimuka bumi
c.       Kegiatan akhir
-Siswa mempresentasikan dan menyimpulkan hasil studi pustakanya
-   Guru menutup pelajaran dengan do’a

V.                Alat/ bahan/ sumber belajar : Al-Qur’an, kurikulum, kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan.
VI.             Penilaian :  1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
      Kepala Sekolah                                                                     Guru Mapel 


   Sigit Rahardja, S.Si                                                              _______________





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : MA  PPMI ASSALAM

Kelas / Semester        : X I/ 1

Mata Pelajaran          : Qur’an Hadist
Alokasi Waktu          : 8 x 40
Standar Kompetensi    : Mampu memahami dan mengahayti kandungan Al Qur’an yang berkaitan deengan larangan berbuat kerusakan dimuka bumi dan berlaku israf  ( berlebih – lebihan ) serta meninggalkan segala apa yang Allah  haramkan.

Kompetensi Dasar    :  Siswa mampu mendeskripsikan perbuatan israf ( berlebih – lebihan ) dan dampak negatif yang ditimbulkan olehnya.

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharap mampu menjauhi perbuatan israf ( berlebih – lebihan)
I.   Indikator
·         Membaca Al-Qur’an Surat Al Qosos 79 – 82  Al A’rof  31 - 32 dan Al Isra 26 - 27
·         Menerjemahkan arti mufrodat Surat Al Qosos 79 – 82  Al A’rof  31 - 32 dan Al Isra 26 - 27
·         Menguraikan tafsir Surat Al Qosos 79 – 82  Al A’rof  31 - 32 dan Al Isra 26 – 27 dengan pemahaman yang benar
·         Menyimpulkan kandungan Surat Al Qosos 79 – 82  Al A’rof  31 - 32 dan Al Isra 26 – 27
·         Menganalisis pengertian Israf dan akibat negatif yang di timbulkannya

II.  Materi ajar                   : Surat Al Qosos 79 – 82  Al A’rof  31 - 32 dan Al Isra 26 – 27

III. Metode Pembelajaran       : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan studi pustaka
IV. Langkah – langkah Pembelajaran :
Pertemuan pertama
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Al Qosos 79 – 82
b.      Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al Qosos 79 – 82 dengan  tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan olaeh Guru secara klasikal 
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Guru menganjurkan sisawa unatuk taerus melafalkan bacaan Al Qur’an  dengan tajwid dasn makhroj yang baik dan benar
-Salah seorang siswa mendeemonstrasikan bacaaan Al Qur’an  dengan tajwid dasn makhroj yang baik dan benar
-Guru menerjemahkan Surat Al Qosos 79 – 82 perkata
-Guru menerjemahkan  makna Surat Al Qosos 79 – 82
-Guru memerintahkan salah satu siswa untuk membaca uraian tafsir Surat Al Qosos 79 – 82 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam  membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui
-Guru menguraikan tafsir surat Al  A’rof 55 – 56 dengan dukungan sumber tafsir lainnya 
 c.  Kegiatan akhir
-Guru menyimpulkan materi
-Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
-Guru mernutup mengakhiari paelajaran dengan meambaca do’a
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa maenjawab salam

Pertemuan kedua
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru memberikan apersepsi pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan inti
-Murid membentuk kelompok diskusi
-Guru menyampaikan topiuk diskusi
-Guru menunjuk siswa secara baergantian berdasar  kelompok untuk mempresentasikan tugas masing –masing
c.       Kegiatan akhir
-Guru  menyimpulkan materi 
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ketiga
a.       Kegiatan awal
-Guru dan siswa membaca do’a sesbelum belajar
-Guru mengabsen siswa
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Al Qosos 79–82 tentang larangan berlaku israf (berlebih–lebihan) serta dampak yang ditimbulkan  olehnya 
c.       Kegiatan akhir
-Salah satu siswa menyimpulkan materi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a


Pertemuan ke empat
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru mengemukakan tujuan pembelajaran Surat Al A’rof  31- 32
b.      Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al A’rof 31 -32 dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh Guru secara klasikal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Salah seorang  siswa mendemonstrasikan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menerjemahkan Surat Al A’rof 31 -32  perkata
-Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya
-Siswa menerjemahkan  Surat Al A’rof 31 -32
-Siswa membaca uraian tafsir Surat Al A’rof 31 -32 berdasar buku Aisarut tafasur sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui
-Guru menguraikan tafsir surat Rum 41 – 45 dengan dukungan sumber tafsir lainnya 
c.       Kegiatan akhir
-   Guru menyimpulkan materi
-   Guru menutup , mengakhiri pelajaran dengan membaca doa 
-Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum kealuar dan siswa menjawab salam 

Pertemuan ke lima
a.  Kegiatan awal
-   Guru dan siswa meambaca do’a sebelum belajar
-   Guru mengabsen siswa
      b.   Kegiatan inti
-          Siswa menggali informasi tentang tafsir surat Al A’rof 31 –32 tentang tercelanya perbuatan Isrof ( berlebih- lebihan ) didalam semua hal lewat studi pustaka

Pertemuan keenam
a.  Kegiatan awal
-Persiapan diskusi
-Pembagian tugas untuk membahas materi
-Guru mengarahkan dan memotivasi siswa
      b.   Kegiatan inti
-Diskusi kelompok untuk membahas materi
      c.   Kegiatan akhir
-Siswa menyusun hasil diskusi
-Siswa menyimpulkan hasil diskusi
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke tujuh
a.       Kegiatan awal
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru dan siswa membaca do’a sebelum pembelajaran
-Guru mengabsen  siswa
-Guru menmgemukakan tujuan peambelajartan surat Al Isro 26 - 27
b.      Kegiatan inti
-Guru melafalkan bacaan Al-Qur’an Surat Al Isro 26 - 27 dengan tartil
-Siswa menirukan lafal bacaan Al Qur’an yang dibacakan oleh Guru secara klasiksal
-Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkannya apabila masih ada yang salah dalam melafalkannya.
-Salah seorang  siswa mendemonstrasikan bacaan Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj yang baik dan benar
-Siswa menerjemahkan Surat Al Isro 26 - 27 perkata
-Guru membetulkan apabila siswa keliru dalam mengartikan atau tidak mengetahui artinya
-Siswa menerjemahkan  Surat Al Isro 26 - 27
-Siswa membaca uraian tafsir Surat Al A’rof 31 -32 berdasar buku Aisarut tafasir sebagai kurikulum sekaligus menterjemahkannya
-Guru membetulkan bacaan siswa apabila diketemukan kesalahan dalam membaca atau menjelaskan arti kata yang tidak diketahui
-Guru menguraikan tafsir surat Rum 41 – 45 dengan dukungan sumber tafsir lainnya 
c.       Kegiatan akhir
-Guru  menyimpulkan materi 
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

Pertemuan ke delapan
a.       Kegiatan awal
-Guru memberikan apersepsi tentang pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan inti
-Siswa menggali informasi tentang tafsir Al Isro 26 - 27 tentang larangan perbuatan boros dan dampak yang ditimbulkan olehnyalewat studi pustaka.
c.       Kegiatan akhir
-Siswa mempreasentasikans dan menyimpulkan hasil studi pustaka
-Guru menutup pelajaran dengan do’a

V.                Alat/ bahan/ sumber belajar : Al-Qur’an, kurikulum, kitab-kitab tafsir, buku-buku lain yang relevan.
VI.             Penilaian :  1. Ulangan harian
2. Ulangan blok
3. Tugas individu
4. Tugas kelompok

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
      Kepala Sekolah                                                                     Guru Mapel 


   Sigit Rahardja, S.Si                                                              _______________





No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Nama Bayi Perempuan Islami Modern Dan Artinya 1. Rashiqa Kata Rashiqa berasal dari Bahasa Arab ‘Rashiq’ yang punya makna anggun serta kale...