Monday, August 15, 2016

Pengembangan guru PAI



Rahmad Fitriyanto

C. Pengembangan guru PAI agar sesuai dengan kurikulum 2013
                Setiap proses pendidikan dan pembelajaran selalu berorientasi pada pencapaian kompetensi. Bagitupun dalam proses pembelajaran PAI diharapkan mampu mencapai semua kompetensi, baik kecerdasan spiritual (Spritual intellegence), intelektual (intellectual intellegence), emosional (emosional intelligence), sosial (sosial intelligence) dan kreatifitas (creatifity intelligence). Inti dari Kurikulum 2013, adalah upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif, yang menyiapkan untuk mencetak generasi yang siap dalam menghadapi masa depan.

Kurikulum 2013 guru PAI sebagai guru yang mampu mengekspolarasi berbagai sumber belajar untuk dijadikam sebagai media pembelajaran bagi peserta didik. Pengembangan kurikulum 2013 ini guru PAI diharapkan agar menjadi proaktif bukan pasif dalam proses pembelajaran PAI. Kurikulum 2013 memperkenalkan pendekatan baru dalam proses pembelajaran PAI yaitu dengan memperkenalkan pendekatan saintifik, yaitu dalam pembelajaran sains lebih dikenal dengan istilah pendekatan keterampilan proses sains. Dalam pendekatan ini guru PAI harus memahami langkah dalam pembelajaran peserta didik, yaitu :
1.      Siswa harus dihadapkan pada fenomena alam, social, maupun budaya, dengan harapan peserta didik benar-benar dihadapkan dengan kondisi nyata dan otentik.
2.      Fenomena tersebut akan tumbuh inkuiri siswa dengan melakukan pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana hal tersebut bias terjadi.
3.      Untuk memperoleh jawaban dari pertayaan tersebut peserta didik difasilitasi untuk menggali, mengkaji, memahami permasalahan melalui serangkaian kegiatan seperti mengeksplor perpustakaan (study library), mencari narasumber (study lapangan) ataupun melakukan percobaan (study exoeriment) yang pada intinya mereka memperoleh jawaban dari pertayaan mereka.
4.      Setelah mendapatkan data yang valid dari berbagai sumber, maka peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil mereka dalam forum diskusi kelas untuk mendapatkan penguatan baik dari peserta didik, peserta lain mapun guru PAI.
Memperhatikan model pendekatan di atas, maka ada empat aspek yang harus diberikan kepada guru PAI dalam pengimplementasian kurikulum 2013, yaitu :
1.      Kompetensi guru PAI dalam pemahaman subtansi bahan ajar yaitu kompetensi pedagogik. Didalamnya terkait dengan metodologi pembelajaran.
2.      Kompotensi akademik (keilmuan), ini penting karena guru PAI memiliki tugas untu bias mencerdaskan peserta didik dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Karena jika guru PAI hanya menguasai metode penyampaian tampa kemampuan akademik yang menjadi tugas utamanya, maka peserta didik tidak akan mendapatkan ilmu pengetahuan apa-apa.
3.      Kompetensi sosial, sebagai guru PAI harus memiliki komptensi sosial, karena tidak hanya dituntut cerdas dan bias menyampaikan materi keilmuannya dengan baik, akan tetapi juga dituntut memiliki komtensi sosial baik terhadap teman sejawat, peserta didik mapun lingkungannya.
4.      Kompetensi manajerial atau kepemimpinan, yaitu guru PAI bukan hanya sekedar mencerdaskan intelektual (IQ) peserta didik saja, tetapi juga mencerdaskan emosi (EQ) dan spritualnya (SQ).
Pengembangan guru PAI agar sesuai dengan kurikulum 2013 memilki tujuan mendorong peserta didik agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.
Melalui pendekatan itu diharapkan peserta didik memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.


No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Nama Bayi Perempuan Islami Modern Dan Artinya 1. Rashiqa Kata Rashiqa berasal dari Bahasa Arab ‘Rashiq’ yang punya makna anggun serta kale...