Monday, April 18, 2016

Psikologi Agama dan Psikologi Islam




Oleh : Rahmad Fitriyanto

1.     Psikologi Agama
A.    Definisi Psikologi
Telah kita kenal Psikologi adalah “ Ilmu Jiwa” istilah psikologi berasal dari bahasa Inggris “Psychology” merupakan dua akar kata yang bersumber dari bahasa greek ( yunani ) yaitu psych yang artinya jiwa dan logos yang artinya “ Ilmu jiwa”
Menurut Bruno ( 1987) dalam Syah (1996:8) membagi pngertian psikologi menjadi tiga bagian yang pada prinsipnya saling berkaitan

KOMPETENSI PEDAGOGIK




Oleh : Rahmad Fitriyanto



Kompetensi Pedagogik
A.    Pendahuluan
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyebutkan bahwa yang dimaksud ‘guru’ adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Hal ini sekaligus merupakan pengakuan terhadap profesi guru sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

INSPIRASI AL-QUR’AN



Oleh : RAHMAD FITRIYANTO
              
Ÿ
Atinya :“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya Aku akan mengerjakan Ini besok pagi,Kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah"dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan Katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini"

SARANA DAN PRASARANA



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Pendidikan adalah proses dimana memanusiakan manusia yang di dalam proses tersebut terdapat berbagai macam kajian ilmu yang disampaikan, misalnya ilmu pengetahuan alam, sosial, agama dan lain-lain. Proses belajar mengajar ataupun kegiatan belajar mengajar akan semakin sukses bila ditunjang dengan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, sehingga pemerintah pun slalu berupaya untuk secara  terus menerus melengkapi sarana dan prasarana bagi seluruh jenjang dan tingkat pendidikan, sehingga kekayaan fisik Negara yang berupa sarana dan prasarana pendidikan telah menjadi sangat besar.

PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH





Oleh : Rahmad Fitriyanto


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah proses dimana memanusiakan manusia. Di dalam proses tersebut terdapat berbagai macam ilmu yang disampaikan, misalnya ilmu pengetahuan alam, sosial, dan agama.
Dalam dunia pendidikan terdapat beberapa faktor yang dapat mendukung proses dalam pembelajaran seperti tenaga pendidik, proses pembelajaran, input (peserta didik), sarana dan prasarana. Gabungan dari semua hal tersebut dapat menjadikan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

EVALUASI




Oleh : Rahmad Fitriyanto



  1. Pengertian Evaluasi
“Evaluasi atau penilaian dapat diartikan sebagaiproses pengukuran dan pembandingan dari pada hasil-hasil pekerjaan yang nyatanya dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya dicapai”. (Siagan, 1977)
  1. Pandangan lama dan baru

PENGELOLAAN KURIKULUM





Oleh : Rahmad Fitriyanto


  

BAB I
PENDAHULUAN



A.       Latar Belakang
Perubahan dan perkembangan aspek kehidupan perlu direspon oleh kinerja pendidikan yang profesional dan bermutu tinggi. Mutu pendidikan yang demikianitu sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas dan berkehidupan yang damai, terbuka dan berdemokrasi, serta mampu bersaing secara terbuka di era global sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh warga negara Indonesia. Oleh karena itu, kinerja pendidikan menuntut adanya pembenahan dan penyempurnaan terhadap aspek substantif yang mendukungnya, yakni kurikulum.

Post Terbaru

  الطريقة   المادة الترتيب (أقوم أمام الباب قائلا)   إلقاء السّلام ...