Saturday, April 16, 2016

HARUN NASUTION ( ISLAM RASIONAL ) HARUN NASUTION ( ISLAM RASIONAL )




Oleh : Rahmad Fitriyanto


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

Dalam sejarah perkembangan suatu Negara sangatlah dipengaruhi oleh para pembaharu dalam memberi warna baru untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan nuansa yang berbeda-beda.
Kajian sejarah adalah suatu bidang ilmu yang sangat menarik untuk ditelusuri , dimana minimal ada manfaat yang dapat diperoleh yakni bila kesimpulan sejarah menunjikkan kemajuan suatu system yang dikembangkan oleh pelaku sejarah, kemudian berimbas lahirnya inovasi pengembangan dan kemajuan baik pada system pemerintahan, pertahanan, social ekonomi, politik, bahkan pemgembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

CARA KERJA ILMU ALAM




Oleh : Rahmad Fitriyanto



1.       Vitalisme
                Vitalitisme menyatakan suatu doktrin  bahwa ada kekuatan di luar alam,kekuatan ini mempunyai peranan yang esensial dalam mengatur apa yang terjadi di alam semesta ini.kekuatan tersebut  di antaranya, Tuhan yang Maha Kuasa yang membimbing segala yang ada di alam semesta ini baik planet, mahluk yang ada di bumi ataupun segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.Sebagian besar filsfat dalam agama juga termasuk dalam filsafat fitalisme.
2.       Mekanisme
Mekanisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa berbagai penyebab yang mengatur semua gerakan di Alam semsta ini adalah sejumlah hukum alam.Ini dapat di lihat dari hasil pengindraan kita dalam meliahat semua peristiwa atau gejala di alam semesta ini merupakan hukum alam, misalnya hukum fisika, hukum kimiawi.Dengan pandangan dasar hukum alam pandangan

Kurikulum SD


Oleh : Rahmad Fitriyanto
http://www.madinaschool.sch.id/img/tr.gif
Kurikulum SD memberi siswa dasar-dasar tulis baca, berhitung dan agama. Sebagai tambahannya masing-masing didorong untuk mengikuti olahraga dan mengembangkan kemampuan artistiknya.
Mata pelajarannya:
  • Tahfidz
    Pelajaran Tahfidz di tingkat SD ditargetkan 18 juz bagi siswa yang berpotensi dengan program akselerasi serta bergabung dengan MIS sejak kelas 1, sedangkan untuk siswa yang bergabung di kelas lebih tinggi ditargetkan proporsional sesuai dengan kapan siswa tersebut bergabung.

TEORI FUNGSIONAL




Oleh : Rahmad Fitriyanto



Perkembangan masyarakat seringkali dianalogikan seperti halnya proses evolusi. suatu proses perubahan yang berlangsung sangat lambat. Pemikiran ini sangat dipengaruhi oleh hasil-hasil penemuan ilmu biologi, yang memang telah berkembang dengan pesatnya. Peletak dasar pemikiran perubahan sosial sebagai suatu bentuk “evolusi” antara lain Herbert Spencer dan Augus Comte. Keduanya memiliki pandangan tentang perubahan yang terjadi pada suatu masyarakat dalam bentuk perkembangan yang linear menuju ke arah yang positif. Perubahan sosial menurut pandangan mereka berjalan lambat namun menuju suatu bentuk “kesempurnaan” masyarakat.

TEORI FILSAFAT




Oleh : Rahmad Fitriyanto


a.      Teori Nativisme
Pelopor teori ini adalah Schopenhauer. Teori ini menyatakan bahwa perkembangan manusia dipengaruhi oleh nativus atau faktor-faktor bawaan manusia sejak dilahirkan. Teori ini menegaskan bahwa manusia memiliki sifat-sifat tertentu sejak dilahirkan yang mempengaruhi dan menentukan keadaan individu yang bersangkutan. Faktor lingkungan dan pendidikan diabaikan dan dikatakan tidak berpengaruh terhadap perkembangan manusia.
Teori ini memiliki pandangan seolah-olah sifat-sifat manusia tidak bisa diubah karena telah ditentukan oleh sifat –sifat turunannya. Bila dari keturunan baik maka akan baik dan bila dari keturunan jahat maka akan

Sholat Musafir (Hukum, Ketentuan dan Raka'at)




Oleh : Rahmad Fitriyanto


Mengenai sholat orang dalam bepergian/perjalanan yang juga disebut Sholat Safar, banyak kesimpang siuran pendapat di kalangan umat sehingga menimbulkan keraguan. Sehingga timbulah pendapat-pendapat yang tidak berdasar kepada Al-Qur'an dan Al Hadits. Dalam suatu Hadits diriwayatkan "Sholatlah seperti Sholatku", maka dengan menjalankan sholat yang tidak sesuai tuntunan Rasulullah saw atau karena ragu-ragu akhirnya malah memilih untuk meninggalkan aturan-aturan yang berkaitan , ini dapat berakibat "tertolaknya" ibadah Sholat tersebut.
Adapun ketentuan yang mengatur terdapat pokok-pokok sebagai berikut :

SEJARAH PERKEMBANGAN MANUSIA; MENURUT AL-QUR’AN DAN ALKITAB

Oleh : Rahmad Fitriyanto

Catatan sejarah yang menyatakan perkembangan penyebaran manusia dan peradaban melalui anak keturunan nabi Nuh jelas merupakan hal berbau alkitabiah. Alkitab memang menyatakan ‘keberpihakannya’ terhadap banjir besar di jaman nabi Nuh yang menghancurkan seluruh kehidupan di dunia (kecuali orang-orang yang ada diatas kapal) , setelah banjir selesai anak keturunan nabi Nuh menyebar keseluruh penjuru dunia berkembang menjadi manusia dan peradaban yang ada saat ini (Kejadian 10). Bahkan alkitab juga menyampaikan banjir tersebut bukan hanya melenyapkan seluruh umat manusia namun juga binatang, makanya bahtera nabi Nuh diisi oleh segala macam binatang, mulai dari gajah sampai cacing. Ketika banjir selesai, segala binatang yang ikut jadi penumpang tersebut menyebar ke seluruh dunia dan berkembang biak (Kejadian 8:17). Sejarah perkembangan manusia dari terciptanya manusia pertama, Adam dan Hawa berkembang secara linier dan tidak menyebar, hanya berkembang kepada kaum nabi Nuh. Ketika alkitab menceritakan Adam dan hawa diusir dari taman Eden yang berlokasi di sekitar Babilonia, Tuhan mengusir mereka kearah timur (Kejadian 3:24) lalu Adam dan Hawa beranak-pinak, disebut juga waktu itu anak-anak mereka sudah punyai profesi; Habel menjadi pengembala dan Kain jadi petani (Kejadian 4:2). Setelah Kain

Post Terbaru

  الطريقة   المادة الترتيب (أقوم أمام الباب قائلا)   إلقاء السّلام ...