Monday, August 21, 2017

RPP Al isro 29-33 dan Al Imron 180

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah         : MA  PPMI ASSALAM
Kelas / Semester      : XI / 1
Mata Pelajaran        : Qur’an Hadist

Alokasi Waktu         : 7 x 40


Standar Kompetensi : Mampu memahami dan menghayati kandunghan Al Qur’an yang baerkaitan denganlarangan berbuat kerusakan dimuka bumi dan baerlaku isrof ( berlerbih-lebihan) serta meninggalkan segala apa yang Allah haramkan

Kompetensi Dasar      :Sisawa mampu mengidentifikasi perkara-perkara yang Allah haramkan berdasar Al Qur’an

Tujuan Pembelajaran : Menjauhi perkara-perkara yang Allah haramkan

I.         Indikator

RPP Al Baqoroh 204-206 dan 8-11



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / 2


Mata Pelajaran : Qur’an Hadits


Alokasi Waktu : 7 x 40






Standar Kompetensi : Mampu mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan memahami kewajiban mensyukurinya menerapkan ajaran AlQur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq.


Kompetensi Dasar : Kemampuan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq orang-orang menurut Alqur’an.


Tujuan Pembelajaran : Siswa mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq dan menjauhinya.


MEMAHAMI KAJIAN AGAMA KATOLIK

Tasawuf falsafi atau tasawuf filosofis merupakan tasawuf yang memadukan visi mistis dan visi rasional. Tasawuf ini mulai muncul dengan jelas dalam khasanah islam sejak abad keenam hijriyah, meskipun para tokoh-tokohnya mulai dikenal setelah seabad kemudian. 
            Tasawuf ini juga mempunyai bentuk dan karakteristik yang berbeda dengan tasawuf yang lain terutama tasawuf sunni, namun juga mempunyai ciri yang hampir sama yaitu memfokuskan dalam dzikir. Ajaran tasawuf falsafi yang sangat terkenal ada empat bentuk diman antara yang satu dengan yang lain saling berkaitan, yaitu: al-Fana, al-Ittihad, al-Hulul, dan al-Wahdat as-Syuhud. Dalam pembahasan nantinya juga akan kami singgung masalah tasawuf Ibn Arabi, diman ajarannya mempengaruhi ajaran al-Wahdat as-Syuhud yang dibawa oleh Umar Ibn al-Faridh (w.632h).
Berikut ini, secara umum akan kami bahas pokok-pokok ajaran para sufi falsafi dan karakteristik ajaran mereka.  

RPP Al Qur’an surat Al Baqoroh 204-206



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / 2

Mata Pelajaran : Qur’an Hadits

Alokasi Waktu : 7 x 40



Standar Kompetensi : Mampu mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan memahami kewajiban mensyukurinya menerapkan ajaran AlQur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq.

Kompetensi Dasar : Kemampuan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq orang-orang menurut Alqur’an.

Tujuan Pembelajaran : Siswa mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq dan menjauhinya.

MAKALAH HADITS TENTANG KEBERSIHAN

PENJELASAN HADITS TENTANG KEBERSIHAN


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
           
            “ Kebersiahan adalah pangkal kesehatan.” “Kebersihan adalah sebagian dari iman.” Itu adalah semboyan atau selogan yang  sering diembor-gemborkan orang dimanapun berada jika suda membicarakan masalah kebersihan. Tetapi itu hanyalah sebuah ungkapan yang mana perkataan dengan ucapan seing tidak sama dan sepadan. Mereka hanya sekuat tenaga berteriak tentang pentingnya kebersiahn tanpa ada bukti perbuatan nyata.
            Dan perlu kita ketahui bahwa dalam pemabahasan dikitab-kitab fiqh atau tuntunan shalat, yang kali pertama kita temui dalam buku itu adalah pembahasan mengenai najis, kotoran, hadats, cara berwudhu, dan cara bertayamum, yang mana itu semua adalah hal-hal yang berkaitan denagn kebersihan. Dari sanalah kita faham dan tahu bahwa islam adalah agama yang menjunjung tinggi kebersihan. Dan tidak ada agama yang seteliti Islam dalam membahas masalah kebersihan.

RPP Hadits Tentang Kebersihan

                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim
Mata Pelajaran            : Al-Hadits
Pokok Bahasan           : Hadits Tentang Kebersihan
Kelas / Semester          : VII / Ganjil
Waktu                         : 30 menit

A.    Standar Kompetensi
Siswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang pentingnya kebersihan secara lahir maupun batin.

B.     Kompetensi Dasar
Siswa memahami tentang pentingnya  kebersihan secara lahir maupun batin dan mampu menyebutkan hadits tentang kebersihan.

RPP Al-Qur'an dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran : AlQur’an dan hadis

Kelas/Semester : XII / I

Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (3 kali tatap muka)

Pertemuan ke : Satu

Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ajaran Al-Qur’an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.

Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum dan metode dakwah

Indikator :

· Membaca ayat dengan fasih

· Menerjemahkan ayat dan hadis dengan benar

· Menyimpulkan kandungan ayat dan hadis

· Menulis ayat dan hadis dengan benar

Post Terbaru

  الطريقة   المادة الترتيب (أقوم أمام الباب قائلا)   إلقاء السّلام ...