Tuesday, August 22, 2017

Kategori Kurban Dan Aqiqah



Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah Dan Amalan Yang Disyariatkan



Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Rahimahullah, dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'Anhuma bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun". Imam Ahmad, Rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu 'Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid". Imam Bukhari Rahimahullah menuturkan bahwa Ibnu Umar dan Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhuma keluar ke pasar pada sepuluh hari tersebut seraya mengumandangkan takbir lalu orang-orangpun mengikuti takbirnya. Dan Ishaq, Rahimahullah, meriwayatkan dari fuqaha', tabiin bahwa pada hari-hari ini mengucapkan : Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Ilallah, wa-Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil Hamdu
Memahami Hadits : Ini Adalah Kurbanku Dan Kurban Siapa Saja Dari Umatku Yang Belum Berkurban

FADHILAT QURBAN DAN AQIQAH

Kedua-dua ibadah ini adalah antara amalan mulia dan penting dalam Islam kerana amat besar fadhilatnya, tetapi malangnya masih ramai orang yang samar-samar atau kabur kefahaman menerka mengenainya, sehinggakan ada yang memandang ringan walaupun mempunyai kemampuan tetapi tidak mahu melakukan penyembelihan qorban dan aqiqah ini. Semoga dengan penjelasan yang serba sedikit ini dapat membantu kefahaman kita semua tentang ibadat Qurban serta Aqiqah serta keinginan untuk sama-sama mencari pahala kedua ibadah ini akan meningkat.

Apakah sebenarnya qurban dan aqiqah itu? Apakah hukum melakukannya? Berapa kali kita dituntut melakukan qurban sepanjang hayat kita?Apakah syarat-syarat binatang yang dikorbankan? Apakah perbezaan antara qurban dan aqiqah? Bolehkah seekor lembu dikongsi sebahagian untuk qurban dan sebahaian untuk aqiqah? Apakah hikmah atau faedah yang bakal diperolehi kerana melakukan kedua-dua ibadah itu?

Kurban dan Aqiqah

Kurban disebut juga ‘Udhhiyyah. Menurut Syar’i, 'udhhiyyah adalah nama bagi sesuatu yang disembelih daripada jenis hewan berkaki empat (na’am) yaitu hewan ternakseperti; kambing, unta, kerbau, sapi, kibasy dan domba, pada hari Idul ‘Adha dan pada 3 hari tasyriq, yaitu, tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah, dalam rangka mendekatkan diri pada Allah. Dengan demikian, 'udhhiyyah  dapat dirincikan sebagai berikut:
1.     Hewan yang dipotong adalah jenis na’am, yaitu hewan berkaki empat.
2.     Hewan jenis bahimah, yaitu hewan yang diternakkan oleh orang. (Al-Qur’an, surat  al hajj ayat 34).
3.     Sah jika disembelih pada hari Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah dan 3 hari Tasyrik. Diluar 4 hari ini, bukan kurban namanya.
4.     Tujuan kurban atau 'Udhhiyyah itu adalah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala Jika maksudnya diluar dari pada taqarrub ilallah, maka bukanlah disebut kurban atau 'udhhiyyah lagi, tetapi hanya sembelihan biasa saja.

Monday, August 21, 2017

RPP Al isro 29-33 dan Al Imron 180

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah         : MA  PPMI ASSALAM
Kelas / Semester      : XI / 1
Mata Pelajaran        : Qur’an Hadist

Alokasi Waktu         : 7 x 40


Standar Kompetensi : Mampu memahami dan menghayati kandunghan Al Qur’an yang baerkaitan denganlarangan berbuat kerusakan dimuka bumi dan baerlaku isrof ( berlerbih-lebihan) serta meninggalkan segala apa yang Allah haramkan

Kompetensi Dasar      :Sisawa mampu mengidentifikasi perkara-perkara yang Allah haramkan berdasar Al Qur’an

Tujuan Pembelajaran : Menjauhi perkara-perkara yang Allah haramkan

I.         Indikator

RPP Al Baqoroh 204-206 dan 8-11



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / 2


Mata Pelajaran : Qur’an Hadits


Alokasi Waktu : 7 x 40






Standar Kompetensi : Mampu mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan memahami kewajiban mensyukurinya menerapkan ajaran AlQur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq.


Kompetensi Dasar : Kemampuan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq orang-orang menurut Alqur’an.


Tujuan Pembelajaran : Siswa mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq dan menjauhinya.


MEMAHAMI KAJIAN AGAMA KATOLIK

Tasawuf falsafi atau tasawuf filosofis merupakan tasawuf yang memadukan visi mistis dan visi rasional. Tasawuf ini mulai muncul dengan jelas dalam khasanah islam sejak abad keenam hijriyah, meskipun para tokoh-tokohnya mulai dikenal setelah seabad kemudian. 
            Tasawuf ini juga mempunyai bentuk dan karakteristik yang berbeda dengan tasawuf yang lain terutama tasawuf sunni, namun juga mempunyai ciri yang hampir sama yaitu memfokuskan dalam dzikir. Ajaran tasawuf falsafi yang sangat terkenal ada empat bentuk diman antara yang satu dengan yang lain saling berkaitan, yaitu: al-Fana, al-Ittihad, al-Hulul, dan al-Wahdat as-Syuhud. Dalam pembahasan nantinya juga akan kami singgung masalah tasawuf Ibn Arabi, diman ajarannya mempengaruhi ajaran al-Wahdat as-Syuhud yang dibawa oleh Umar Ibn al-Faridh (w.632h).
Berikut ini, secara umum akan kami bahas pokok-pokok ajaran para sufi falsafi dan karakteristik ajaran mereka.  

RPP Al Qur’an surat Al Baqoroh 204-206



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / 2

Mata Pelajaran : Qur’an Hadits

Alokasi Waktu : 7 x 40



Standar Kompetensi : Mampu mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan memahami kewajiban mensyukurinya menerapkan ajaran AlQur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq.

Kompetensi Dasar : Kemampuan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq orang-orang menurut Alqur’an.

Tujuan Pembelajaran : Siswa mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq dan menjauhinya.

Post Terbaru

  الطريقة   المادة الترتيب (أقوم أمام الباب قائلا)   إلقاء السّلام ...