Oleh : Rahmad Fitriyanto
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan adalah proses
dimana memanusiakan manusia yang di dalam proses tersebut terdapat berbagai macam kajian ilmu yang disampaikan,
misalnya ilmu pengetahuan alam, sosial, agama dan lain-lain. Proses belajar
mengajar ataupun kegiatan belajar mengajar akan semakin sukses bila ditunjang
dengan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, sehingga pemerintah pun
slalu berupaya untuk secara terus
menerus melengkapi sarana dan prasarana bagi seluruh jenjang dan tingkat
pendidikan, sehingga kekayaan fisik Negara yang berupa sarana dan prasarana
pendidikan telah menjadi sangat besar.
Dewasa ini telah banyak
lembaga-lembaga pendidikan dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai ke
perguruan tinggi yang berdiri di muka bumi khususnya di Indonesia, dimana
lembaga-lembaga tersebut telah memberikan banyak fasilitas-fasilitas sarana dan
prasarana yang sangat dapat mendukung proses belajar mengajar, namun yang jadi
pertanyaan yaitu bahwasanya tidak semua lembaga pendidikan yang telah ada dapat
mengelola secara efektif dan efesien sarana dan prasarana yang ada.
Dari aspek diatas, maka dalam makalah ini akan membahas
terkait mengenai administrsai sarana dan prasarana pendidikan
serta bagaimana pengelolaannya dengan tujuan agar kita selaku guru ataupun
calon guru dapat membudidayakan dan mengelola sarana dan prasarana pendidik
secara efektif dan efesien agar dapat mempermudah mencapai tijuan pendidikan
yang telah ditentukan.