Kumpulan Makalah Pendidikan Agama Islam, Makalah Pendidikan dan pelajaran ISMUBA Muhammadiyah
Monday, August 21, 2017
RPP Al Qur’an surat Al Baqoroh 204-206
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAM
Kelas/Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Qur’an Hadits
Alokasi Waktu : 7 x 40
Standar Kompetensi : Mampu mengidentifikasi nikmat-nikmat Allah dan memahami kewajiban mensyukurinya menerapkan ajaran AlQur’an tentang pemanfaatan karunia Allah dan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq.
Kompetensi Dasar : Kemampuan mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq orang-orang menurut Alqur’an.
Tujuan Pembelajaran : Siswa mengenali sifat-sifat orang-orang munafiq dan menjauhinya.
MAKALAH HADITS TENTANG KEBERSIHAN
PENJELASAN HADITS TENTANG KEBERSIHAN
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
“ Kebersiahan adalah pangkal
kesehatan.” “Kebersihan adalah sebagian dari iman.” Itu adalah semboyan atau
selogan yang sering diembor-gemborkan
orang dimanapun berada jika suda membicarakan masalah kebersihan. Tetapi itu
hanyalah sebuah ungkapan yang mana perkataan dengan ucapan seing tidak sama dan
sepadan. Mereka hanya sekuat tenaga berteriak tentang pentingnya kebersiahn
tanpa ada bukti perbuatan nyata.
Dan perlu kita ketahui bahwa dalam
pemabahasan dikitab-kitab fiqh atau tuntunan shalat, yang kali pertama kita
temui dalam buku itu adalah pembahasan mengenai najis, kotoran, hadats, cara
berwudhu, dan cara bertayamum, yang mana itu semua adalah hal-hal yang
berkaitan denagn kebersihan. Dari sanalah kita faham dan tahu bahwa islam
adalah agama yang menjunjung tinggi kebersihan. Dan tidak ada agama yang
seteliti Islam dalam membahas masalah kebersihan.
RPP Hadits Tentang Kebersihan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : Madrasah
Tsanawiyah Wahid Hasyim
Mata Pelajaran : Al-Hadits
Pokok Bahasan : Hadits
Tentang Kebersihan
Kelas / Semester : VII /
Ganjil
Waktu : 30
menit
A.
Standar Kompetensi
Siswa
memiliki wawasan dan pemahaman tentang pentingnya kebersihan secara lahir
maupun batin.
B.
Kompetensi Dasar
Siswa
memahami tentang pentingnya kebersihan
secara lahir maupun batin dan mampu menyebutkan hadits tentang kebersihan.
RPP Al-Qur'an dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : AlQur’an dan hadis
Kelas/Semester : XII / I
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (3 kali tatap muka)
Pertemuan ke : Satu
Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ajaran Al-Qur’an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.
Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum dan metode dakwah
Indikator :
· Membaca ayat dengan fasih
· Menerjemahkan ayat dan hadis dengan benar
· Menyimpulkan kandungan ayat dan hadis
· Menulis ayat dan hadis dengan benar
PANDUAN PENYUSUNAN RPP
PENGANTAR
Pendidikan adalah proses yang bersifat terencana dan sistematik, karena itu perencanaannya disusun secara lengkap, dengan pengertian dapat dipahami dan dilakukan oleh orang lain dan tidak menimbulkan penafsiran ganda. Sebagai illustrasi dapat kita gunakan profesi seorang Insinyur bangunan. Rancang bangun yang disusunnya dapat dilaksanakan dengan baik oleh beberapa orang tukang bangunan dibantu dengan beberapa orang buruh bangunan. Mengapa? karena rancang bangun yang disusun Insinyur tersebut cukup lengkap dan operasional, sehingga seorang tukang yang tidak memiliki pendidikan teknik bangunan sekalipun dapat memahami dan melaksanakannya.
Pertanyaannya: apakah rencana pembelajaran yang telah disusun oleh guru selama ini sudah lengkap dan operasional? Kenyataannya, pada pengamatan terhadap dokumen RPP pada portofolio sertifikasi guru, umumnya hanya berisi langkah-langkah yang cenderung tidak operasional dan langkah tersebut cenderung bersifat kegiatan rutin. Belum tampak adanya spesifikasi langkah-langkah pembelajaran sesuai karakter mata pelajaran dan perkembangan peserta didik.
Proposal Penelitian Kuantitatif (Skripsi)
Suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan.
Format Proposal Penelitian Kuantitatif
1. Latar Belakang Masalah
Di dalam bagian ini dikemukakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, baik kesenjangan teoretik ataupun kesenjangan praktis yang melatarbelakangi masalah yang diteliti. Di dalam latar belakang masalah ini dipaparkan secara ringkas teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah ataupun pengalaman/pengamatan pribadi yang terkait erat dengan pokok masalah yang diteliti. Dengan demikian, masalah yang dipilih untuk diteliti mendapat landasan berpijak yang lebih kokoh.
2. Rumusan Masalah
RPP Berwudhu
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
NO.7/IX / 2007)
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah Fathul Ulum
Kelas / Semester : 2 / II
Mata Pelajaran : Fiqih
Materi Pokok : Berwudhu
Alokasi Waktu : 2 x 35
A. Standar
Kompetensi :
- Siswa mampu berwudhu
B. Kompetensi
Dasar :
- Siswa mampu berwudhu dengan benar
C. Indicator :
1. Siswa mampu melafalkan niat wudhu
2. Siswa mampu mengenal tatacara bewudhu
3. Siswa mampu mempraktekkan cara berwudhu
4. Siswa mampu berdo’a sesudah wudhu
5. Siswa mampu menghafalkan do’a
sesudah wudhu
D. Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa hafal niat dan do’a sesudah wudhu
- Siswa mampu berwudhu dengan benar
E. Kegiatan dan
Strategi Pembelajaran
Subscribe to:
Posts (Atom)
Post Terbaru
الطريقة المادة الترتيب (أقوم أمام الباب قائلا) إلقاء السّلام ...
-
Penulis: Rahmad Fitriyanto BAB I PENDAHULUAN Banyak ayat Al-Qur’an dan Hadis-hadis Nabi yang mengisyaratkan tentang ba...
-
Oleh : Rahmad Fitriyanto BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia aka...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta Mata Pelajaran : Al- Qu...