Oleh : Rahmad Fitriyanto
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejarah
dan pengalaman telah menunjukkan bahwa peradaban manusia terus berkembang seiring
dengan perkembangan pola pikir manusia yang disebabkan dari pengalaman dan
pendidikan yang diperoleh masyarakat. Salah satu pemahaman dan pengetahuan
tersebut telah mengajarkan kepada manusia bahwa setiap orang memiliki hak yang
sama untuk hidup. Pemahaman dan pemikiran serta pandangan seperti inilah yang
berhasil menyelamatkan kehidupan anak-anak yang terpinggirkan, termarjinalisasi
dan dipisahkan dari masyarakat termasuk di dalamnya penyandang cacat.
Dikatakan
menyelamatkan hidup anak-anak penyandang cacat karena pengalaman dan sejarah
telah menorehkan sesuatu yang menganggap anak penyandang cacat tidak berguna
bahkan anak dalam keadaan cacat dibunuh, dibuang/diasingkan. Pemahaman dan
pandangan selanjutnya terhadap penyandang cacat berubah seiring dengan
perkembangan pola pikir manusia, hal tersebut menjadi sangat penting selain
dipandang sebagai lambang dari sebuah pemikiran dan peradaban yang lebih maju
dari suatu bangsa, juga sebagai awal bahwa anak penyandang cacat mulai diakui,
dihargai