Tuesday, August 5, 2025

MODUL AJAR BAHASA ARAB KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH

 


Sekolah

Mata pelajaran

Kelas/Semester

Materi Pokok/Tema

Alokasi Waktu

:

:

:

:

:

SMP Muhammadiyah  Yogyakarta

Bahasa Arab

VII (tujuh) / I

1. Huruf Hijaiyah

 3 Jam Pelajaran (3 pertemuan)


Rounded Rectangle: Komponen Inti

 

1.     Fase Capaian Pembelajaran

 

D

2.     Domain Capaian Pembelajaran

 

Bahasa Arab

Peserta didik memahami huruf hijaiyah

3.     Tujuan Pembelajaran

:

a.      Melalui pembelajaran Reading aloud Peserta didik dapat : 1.3.1. Memahami bunyi huruf hijaiyah

b.      Melalui pembelajaran Drill , peserta didik dapat 1.3.2. Membedakan penulisan huruf hijaiyah pada posisi depan, tengah dan belakang

c.       Melului pembelajaran demontrasi, peserta didik dapat 1.3.3. Menggunakan huruf hijaiyah dengan tanda baca

d.      Melului pembelajaran The firing line Peserta didik dapat  1.4.2.1. Menulis huruf hijaiyah dengan kata bahasa Arab dengan benar

e.       Melalui pembelajaran Snow ball throwing, Peserta didik dapat 1.4.2.2. Menyalin huruf  hijaiyah dengan benar

 

Profil Pelajar Pancasila

 


Profil Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024:

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti ditunjukkan oleh gambar berikut:

 

Keenam ciri tersebut dijabarkan sebagai berikut:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Post Terbaru

Rahmad Fitriyanto  Dalil dari Al-Qur'an dan Sunnah (Islam) QS. Al-'Ankabut ayat 45: Arab: ٱتۡلُ مَآ أُوحِيَ إِلَيۡكَ مِنَ ٱلۡكِتَٰب...